3 Alasan Mengapa Bordes Adalah Elemen Penting Sebuah Tangga

Mungkin untuk sebagian orang bordes adalah salah satu hal yang awam dan tidak familiar saat didengar. Anda dapat menjumpai bordes yang umumnya terdapat dalam konstruksi tangga dan elemen ini merupakan elemen yang dipastikan hampir selalu ada pada berbagai jenis tangga.

Bordes adalah material yang cukup vital dimana kehadirannya sangat penting untuk sebuah tangga. Elemen ini memiliki banyak fungsi serta tujuan. Tapi untuk Anda yang belum familiar dengan elemen yang satu ini tidak perlu khawatir karena kali ini kami akan mengulas secara detail apa itu bordes beserta fungsi dan kegunaannya.

 

Bordes

Pernahkah Anda merasa kelelahan saat sedang menaiki tangga di suatu bangunan? Hal tersebut bisa saja terjadi karena tangga tersebut tidak memiliki bordes. Bordes adalah sebuah area yang umumnya terdapat dalam tangga dan berfungsi untuk berhenti sejenak saat Anda merasa kelelahan saat menaiki tangga. 

Secara ideal, bordes pada tangga berada pada bagian tengah tangga dan sebenarnya bordes ini merupakan salah satu bagian anak tangga, hanya bordes memiliki ukuran yang umumnya lebih besar dari pada anak tangga biasanya. Dengan ukurannya yang lebih luas tersebut, membuat elemen yang satu ini memiliki fungsional lebih dari sekedar anak tangga. 

 

Selain itu, bordes tangga juga diciptakan dengan tujuan meminimalisir resiko kecelakaan saat sedang menggunakan tangga, seperti resiko yang dapat menyebabkan terjatuhnya seseorang pada saat menggunakan tangga tersebut. Sehingga hadirnya bordes diantara anak tangga bukan sebagai pemanis atau pelengkap belaka.

Salah satu elemen yang terdapat pada tangga ini sangat berperan penting bagi sebuah bangunan bertingkat. Terlebih, selain menjadi akses yang menghubungkan antar lantai, bordes dapat menjadi sarana atau dekorasi yang dapat mempercantik tampilan interior sebuah bangunan.

 

Fungsi Utama Yang Menjadikan Bordes Adalah Elemen Penting Tangga

Selain berperan sebagai tempat transisi saat Anda menaiki tangga dan mengakses lantai di atasnya, bordes adalah elemen yang juga  memiliki fungsi lain dan tentunya tak kalah penting. Berikut fungsi bordes yang dapat Anda jadikan pertimbangan sebelum menggunakannya pada tangga bangunan Anda.

  • Fungsi pertama dari bordes adalah sebagai tempat untuk beristirahat sejenak dan merilekskan kaki Anda yang harus menaiki tangga langkah demi langkah. Hal ini dapat mengurangi resiko kaki kram saat menaikinya.
  • Fungsi selanjutnya yakni Anda dapat memanfaatkan bordes sebagai belokan pada tangga sehingga Anda dapat dengan mudah menjangkau area di atasnya apabila  panjang tangga pada bangunan Anda tidak mencukupi.
  • Fungsi terakhir dari bordes yang terdapat pada tangga ini merupakan fungsi utama dan yang paling penting, yaitu digunakan untuk mengurangi resiko terjatuh saat sedang menggunakan tangga.

 

Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Membuat Bordes

Bordes adalah hal yang cukup penting, sehingga dalam pembuatan dan pemasangannya pun perlu memperhatikan beberapa hal agar keamanannya terjamin. Pasalnya, apabila tidak dibuat dengan tepat dan benar, fungsi dari elemen tangga yang satu ini tentu akan berkurang dan menjadi tidak maksimal. Dibawah ini beberapa aturan yang perlu diperhatikan saat membuat dan memasang bordes adalah sebagai berikut ini:

  • Anda dapat membangun atau memasang bordes pada tangga apabila area tangga pada bangunan Anda memiliki lebih dari 12 buah anak tangga.
  • Setiap 12 anak tangga harus mempunyai sebuah bordes tangga.
  • Bordes memiliki ukuran yang sangat  bervariasi, mulai dari 80, 100, 120 cm yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan bangunan Anda.
  • Maksimal sudut kemiringan yang harus dimiliki tangga adalah  40 derajat dan minimal 25 derajat.
  • Untuk kenyamanan, sebuah bordes luas sebuah bordes tangga disarankan mencapai 1 m.
  • Ukuran panjang pijakan anak tangga sendiri  harus berkisar antara 20 hingga 30 cm serta memiliki tinggi pijakan untuk setiap anak tangga berukuran minimal 15 hingga 20 cm..

Itu dia beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum memasang bordes pada tangga bangunan. Hal tersebut dilakukan demi keamanan serta kenyaman Anda sebagai pengguna tangga tersebut. 

 

Material Konstruksi Yang Cocok Untuk Bordes

Sebuah tangga yang terkonstruksi dengan tepat dan kuat tentunya menjadi salah satu hal yang diinginkan semua orang. Selain berfungsi sebagai penghubung antar lantai, tangga juga memiliki fungsi estetika yang dapat memberikan tampilan yang cantik untuk sebuah bangunan. Memilih material tangga serta bordes adalah hal utama yang perlu Anda perhatikan. 

Pasalnya material yang Anda pilih untuk pembuatan tangga serta bordes adalah hal yang dapat berpengaruh terhadap kualitas tangga yang dihasilkan nantinya. Material yang dapat Anda jadikan pertimbangan untuk membuat bordes beserta struktur tangga lainnya adalah baja.

 

Tangga dengan material  baja menawarkan berbagai  keunggulan yang layak Anda pertimbangkan, mulai dari segi desain serta fungsionalitas. Berasal dari material yang terkenal kuat dan kokoh membuat material baja dapat diandalkan tanpa perlu membutuhkan banyak perawatan. Terlebih saat ini banyak tangga dengan material baja yang memiliki konsep modern yang kekinian sehingga dapat mempercantik tampilan bangunan Anda. 

Selain itu Anda juga dapat mengkombinasikan material baja dengan material lainnya seperti kayu atau kaca yang dapat menambah nilai estetika. Baja juga menjadi material yang tepat untuk bordes karena karakternya yang kuat dan mengingat fungsi bordes yang akan digunakan sebagai perhentian sejenak yang mengharuskan bordes menopang beban yang lebih berat dalam waktu yang lebih lama jika dibanding anak tangga lainnya.

 

Pengaplikasian Baja Untuk Tangga Dan Bordes

Setelah mengetahui bahwa bordes adalah elemen tangga yang cukup penting, Anda perlu mengetahui berbagai  konsep yang dapat Anda gunakan saat menentukan jenis tangga seperti apa yang akan diterapkan untuk bangunan Anda. Mulai dari konsep minimalis hingga industrial. 

 

Konsep Minimalis

Tangga dengan material baja berkonsep minimalis nan kontemporer cukup sering digunakan di rumah modern, salah satunya dengan konsep tangga yang melayang atau floating. Dengan konsep tersebut tangga ini akan terlihat sangat minimalis dengan papan baja yang disusun seolah-olah terlihat seperti melayang.  Anda juga dapat menyesuaikan bordes berdasarkan bentuk dan model tangga yang dipilih. 

Selain itu Anda juga dapat mengkombinasikan baja dengan kayu dengan tetap mengusung konsep minimalis. Penggunaan kayu ini dapat mempercantik tampilan bangunan Anda. 

 

Konsep Industrial

Selain menggunakan konsep minimalis, tema industrial juga sangat cocok dengan material baja terutama baja dengan warna hitam yang dapat menonjolkan konsep industrial itu sendiri. Teknik perforasi juga banyak digunakan pada tangga guna menambah keindahan tampilan interior.  Perforasi sendiri merupakan sebuah teknik pembuatan lubang pada permukaan baja yang dapat disesuaikan dengan desain yang Anda inginkan.

Karena tangga beserta bordes adalah elemen yang memiliki peranan penting makan sangat cocok apabila menggunakan material baja untuk pembuatannya. Dengan kelebihan serta keunggulan yang dimiliki oleh baja membuat Anda tak perlu ragu untuk menggunakannya. 

 

Setelah mengetahui bordes adalah elemen penting yang harus dimiliki sebuah tangga, dan mengetahui jenis material seperti apa yang cocok untuk elemen tersebut, kini Anda dapat dengan mudah menentukan tangga dan bordes beserta material apa yang cocok untuk bangunan Anda. 

Dapatkan plat bordes untuk keperluan konstruksi Anda melalui Baja Utama Steel yang merupakan distributor besi dan baja terlengkap dan tentunya terjamin kualitasnya. Kunjungi website kami untuk informasi lebih lengkap mengenai besi dan baja