besi beton ulir

Mengenal Besi Beton Ulir Dan 4 Perbedaanya Dengan Besi Beton Polos

Baja Utama Steel – Dari sekian banyak material konstruksi besi beton menjadi salah satu material yang tak pernah terlewatkan. Istilah besi beton tentunya sudah sangat familiar di telinga. Besi yang satu ini memiliki dua tipe yang berbeda, yakni besi beton polos dan besi beton ulir.

Tapi, apakah Anda sudah mengenal seperti apa sesungguhnya besi beton? Besi Beton sendiri merupakan besi yang pada umumnya digunakan dalam proses penulangan sebuah konstruksi beton atau lebih dikenal dengan sebutan beton bertulang. 

Seperti yang dikatakan di atas, Besi beton tulangan pada dasarnya terbagi menjadi dua bentuk, yakni  besi polos atau plain bar dan besi ulir yang memiliki nama lain deformed bar. 

Mengenal Besi Beton Ulir 

Sesuai dengan sebutannya, besi beton Ulir atau lebih dikenal dengan sebutan besi Ulir memiliki bentuk yang terlihat seperti mengulir serta memiliki permukaan yang bercorak seperti spiral. Corak pada ini bertujuan untuk dapat lebih menyatukan elemen material bangunan dengan rangka yang akan disusun bersamaan dengan besi beton tersebut. 

Secara sederhana, besi ulir merupakan besi yang memiliki bentuk permukaan berbentuk seperti sirip melintang atau rusuk yang memanjang dengan pola tertentu yang dapat dipilih sesuai proses produksinya.

Besi beton sendiri mulai populer dan banyak digunakan atau diaplikasikan pada gedung-gedung di Amerika tepatnya pada awal abad ke-20. Sedangkan di Indonesia sendiri besi beton mulai banyak digunakan pada tahun sekitar 1950-an. Mengingat penggunaan rangka baja dengan tulangan besi beton menawarkan berbagai keunggulan baik dari segi kekokohan bangunan, harga yang lebih ekonomis dan efisien.

Baca Juga  7 Jenis-Jenis Atap Spandek Serta Kelebihannya

Standar kekuatan yang dimiliki oleh besi beton Ulir sendiri yakni sekitar TS 35 dan TS 40 dan BJTD 35 serta BJTD 40, sedangkan untuk ukuran standart berdasarkan SNI yaitu full ukurannya. 

4 Perbedaan Antara Besi Ulir Dan Besi Beton Polos

Meski terbuat dari material yang sama, kedua jenis besi ini tentunya  memiliki perbedaan mulai dari bentuk beserta fungsinya. Agar tidak salah memilih pastikan untuk memahami perbedaan kedua besi ini. Untuk lebih jelasnya, simak ulasan di bawah ini mengenai perbedaan antara besi beton polos dan besi beton ulir.

1.Bentuk Besi

Tentunya jika dilihat secara sekilas, perbedaan yang paling menonjol dari kedua jenis besi ini adalah bentuknya. Sesuai dengan namanya, jika dilihat dari segi bentuk besi beton polos memiliki tampilan dan bentuk yang polos yakni besi bundar serta memanjang tanpa aksesoris tambahan.  

Sedangkan, jenis besi ulir memiliki bentuk permukaan dengan corak ulir yang terlihat seperti sirip ikan dan tersusun dari atas hingga ke bawah. Karena adanya tambahan ulir, penampang pada bagian dasarnya menjadi berbentuk bulat. Bentuk dari besi beton ulir satu memiliki beberapa variasi, tergantung berdasarkan permintaan pabrik yang memproduksinya.

2. Fungsi & Kegunaan

Jika dilihat dari fungsinya, kedua besi ini memang berfungsi sebagai pendukung tulangan beton, dimana besi polos maupun ulir dapat digunakan secara bersamaan. Besi beton polos dapat digunakan untuk membungkus besi ulir dengan posisi yang memanjang. Sedangkan, untuk besi beton ulir dapat digunakan sebagai pengait yang baik. Pada umumnya, besi beton jenis ulir banyak digunakan untuk konstruksi bangunan gedung-gedung tinggi dan bertingkat.

3. Daya Kekuatan Yang Dimiliki

Sedangkan berdasarkan tingkat kekuatan,  besi polos memiliki kekuatan sebesar 240 Mpa, sedangkan tingkat kekuatan yang dimiliki besi beton ulir terhadap tekanan sebesar 400 Mpa. Besi beton polos lebih lunak dan dapat dengan mudah dibengkokkan sehingga mudah saat diaplikasikan.

Baca Juga  Kenali 5 Jenis Pipa Besi Ini Agar Tak Salah Pilih!

Sementara itu, besi beton ulir mempunyai ketahanan yang jauh lebih kuat dan lebih kaku dibanding jenis polos. Dengan begitu, besi yang satu ini cukup sulit untuk dibengkokkan sehingga dalam pengaplikasiannya membutuhkan waktu yang lebih lama. Dengan ketahanan yang dimiliki oleh masing-masing besi tersebut, besi polos umumnya lebih banyak diminati oleh masyarakat umum, sedangkan untuk besi jenis ulir banyak digunakan oleh para  kontraktor.

4. Perbedaan Harga

Selain perbedaan yang dijelaskan diatas, kedua besi ini juga memiliki perbedaan dalam segi harga dimana kedua jenis besi beton ini juga dibanderol dengan harga yang berbeda. Secara umum yang beredar di pasaran, besi beton jenis ulir ditawarkan dengan harga yang lebih tinggi dibanding besi beton polos.

Hal tersebut dikarenakan kedua besi ini memiliki fungsi serta kegunaan yang berbeda. Besi beton polos lebih tepat dan akan lebih efisien untuk digunakan pada konstruksi bangunan kecil atau pribadi layaknya rumah hunian. Sedangkan jenis besi ulir lebih tepat digunakan untuk konstruksi bangunan tinggi komersial layaknya gedung perkantoran hingga mall. 

Tips Memilih Besi Ulir Yang Berkualitas

Ada banyak sekali merk besi ulir yang dapat dengan mudah Anda temukan di Pasaran. Lalu Bagaimana sih cara memilih besi beton ulir dengan kualitas terbaik sebagai material utama konstruksi sebuah bangunan? Simak ulasannya dibawah ini!

Memperhatikan Jenis Besi Beton

Seperti yang telah dijabarkan di atas, terdapat dua tipe besi beton yakni besi polos dan besi ulir. Dengan begitu pastikan untuk tidak salah dalam memilihnya. Pilih besi beton berdasarkan fungsi yang Anda butuhkan. Pahami karakteristik kedua jenis besi beton tersebut sebelum menetapkan untuk membelinya agar tidak salah beli. Besi beton dengan kualitas yang baik memiliki tingkat kekerasan yang sangat baik pula. Untuk mengetahuinya, Anda dapat menggunakan alat pengukur yang bernama hardness tester.

Baca Juga  Besi UNP Dan CNP: Perbedaan Yang Perlu Anda Ketahui

Perhatikan Kondisi Besi Beton

Salah satu yang perlu Anda perhatikan sebelum membeli besi ulir yakni jangan sampai lupa untuk mengecek kondisi besi beton itu sendiri. Hal ini dilakukan guna mendapatkan kualitas besi beton yang baik.  Anda dapat mengeceknya dengan melihat kondisi besi tersebut, jangan sampai terdapat karat pada permukaan besi ulir Anda. Karena karat pada besi dapat menyebabkan besi lebih cepat rusak. Oleh sebab itu pilih besi yang tidak memiliki karat karena akan bertahan lebih lama dan awet.

Pilih Ukuran Besi Ulir Yang Sesuai

Besi ulir banyak dipilih dan digunakan dengan tujuan menjadikan konstruksi bangunan agar menjadi lebih kokoh dan tahan lama. Oleh sebab itu, pilih besi beton dengan ukuran yang sesuai antara besi dan ukuran beban berat yang akan ditopang oleh besi nantinya. Untuk mendapatkan kekuatan struktur bangunan yang maksimal, sebaiknya pastikan untuk memilih besi beton yang memiliki diameter penuh serta sesuai dengan ukuran standar.

Harga Menjamin Kualitas

Sudah bukan rahasia umum apabila kualitas sebuah produk umumnya berbanding lurus dengan harganya. Tentunya, hal tersebut juga berlaku pada harga besi beton. Besi beton dengan kualitas yang baik umumnya dijual dengan harga yang lebih tinggi khususnya besi beton kualitas SNI. Meskipun begitu Anda tetap dapat menemukan besi beton dengan kualitas bagus dengan harga yang terjangkau salah satunya di Baja Utama Steel.

Nah itu dia penjelasan mengenai besi ulir yang menjadi salah satu material bangunan yang sangat populer. Untuk Anda yang sedang mencarinya dapat mengunjungi Baja Utama Steel yang merupakan distributor besi dan baja terlengkap dan terpercaya! untuk kualitasnya sendiri sudah tidak diragukan lagi. Kunjungi websitenya di https://bajautamasteel.com/ untuk informasi yang lebih lengkap!

Similar Posts