Cara Membengkokkan Pipa Besi Manual

Cara Membengkokkan Pipa Besi Manual dengan Berbagai Teknik

Baja Utama Steel – Cara membengkokkan pipa besi manual membutuhkan perhitungan matang. Besi adalah material inti yang banyak penggunaannya saat ini. Baik dalam kebutuhan konstruksi bangunan dan proses dekorasi rumah, juga untuk pembuatan furniture dalam keperluan interior dan eksterior. Bahkan untuk pembuatan alat-alat berat dalam keperluan pabrik dan industri.

Material besi tersebut tentunya tidak bisa dibentuk dan dikerjakan menggunakan tangan kosong. Namun juga tetap memerlukan alat bantu khusus. Salah satunya dengan menggunakan alat pembengkok besi. Hingga saat ini terdapat beberapa jenis alat untuk membengkokkan besi. Mulai dari menggunakan manual sampai menggunakan mesin canggih.

Masing-masing alatnya, untuk dapat membengkokan besi dengan sistem sama. Keduanya memanfaatkan tekanan yang kuat. Sehingga pada akhirnya dapat merubah bentuk besinya. Namun tetap memiliki perbedaan dalam cara penggunaannya.


Cara Membengkokkan Pipa Besi Manual


Cara membengkokkan pipa sebenarnya tidak hanya asal membengkokkan. Namun juga terdapat perhitungan matang atau metode yang harus diketahui. Sehingga hasilnya akan sesuai dengan keinginan Anda. Terdapat beberapa metode yang dapat Anda gunakan. Untuk dapat membengkokkan pipa logam tersebut.

Meskipun banyak alat bending pipa yang memberikan satu set instruksi. Untuk hal-hal seperti batas pembengkokkan dan pemotongannya pada bagian bengkok. Bahkan seringkali petunjuknya yang tertulis dengan cara yang kompleks. Selain itu, memerlukan pengetahuan matematika lebih dari rata-rata.

Meskipun perhitungan matematika tidak mungkin dihilangkan begitu saja dari petunjuknya. Untuk merencanakan mengenai cara membengkokkan pipa. Sehingga dapat menjadikan suatu perhitungan yang sederhana. Metode ini banyak penggunaannya pada bengkel-bengkel las. Untuk kebutuhan pembuatan pintu pagar, tralis, dan yang lainnya. Berikut ini beberapa teknik untuk dapat membengkokkan pipa besi.

Baca Juga  Pipa Besi Hitam: Manfaat dan Tips Memilihnya


Teknik Rotary Draw


Cara membengkokkan pipa besi manual ini lebih sering dijumpai. Biasanya pada proses pembuatan kerajinan tangan berbahan dasar logam. Seperti halnya pembuatan kandang, sangkar burung, pegangan tangan, bingkai, dan yang lainnya. Cara ini juga dapat Anda gunakan untuk membengkokkan besi pipa conduit besi yang tampak keras. 

Prosesnya dapat dilakukan menggunakan dua cetakan. Menggunakan cetakan bending stasioner dan cetakan bending dengan diameternya tetap. Hal itu untuk dapat membentuk lengkungan. Teknik ini cocok apabila Anda menginginkan hasil akhirnya tampak rapi dan diameter pipanya tetap konstan.


Teknik Induksi Panas


Cara membengkokkan pipa besi manual dengan memanfaatkan induksi panas dari listrik. Maka bagian pipa besinya yang ingin Anda bengkokkan menjadi lebih mudah dibentuk. Anda tidak perlu menggunakan tenaga besar, untuk dapat melakukannya. Selama Anda memiliki kumparan listrik untuk memanaskan besinya. 

Cara membengkokkan pipa besi manual apabila pipa besi sudah dipanaskan, segera bengkokkan. Anda dapat melakukannya dengan cara yang sama ,seperti teknik rotary draw. Kemudian dinginkan pipa besinya menggunakan air. Hasilnya, pembengkokkan pipa besi menjadi lebih kuat. Apabila dibandingkan menggunakan teknik rotary draw.

Tidak hanya menggunakan kumparan listrik. Anda juga dapat menggunakan teknik energi panas. Hal tersebut yang tidak jauh berbeda dari teknik induksi panas. Perbedaannya hanya terdapat pada sumber panasnya yang Anda gunakan. 


Teknik Mandrel


Cara yang satu ini menggunakan teknik rotary draw bending. Cara ini yang memanfaatkan adanya cetakan khusus yang lebih fleksibel. Cetakan khusus ini nantinya akan ikut bengkok mengikuti pipa besinya. Sehingga bagian dalam pipa besinya menjadi tetap utuh.

Cara membengkokkan pipa besi manual ini tanpa adanya cacat, setelah proses pembengkokkannya. Tidak heran apabila cara membengkokkan pipa besi ini digunakan dalam pembuatan knalpot custom. Selain itu, untuk tabung mesin pengolah susu dan tabung mesin lainnya.

Baca Juga  Jual Pipa Hitam Terbaik, Fungsi dan Kegunaannya


Teknik Ram


Penggunaan metode pembengkokan satu ini untuk membuat lengkungan yang cukup besar pada pipa besinya. Selain itu juga menjadi mudah dibengkokkan. Seperti halnya pada pipa conduit. Metode ini dilakukan dengan menekan pipa besinya pada dua poin eksternal.

Kemudian ram akan mendorong pipa besinya menuju bagian poros tengah. Untuk dapat membuatnya menekuk. Teknik ini akan membentuk pipa besinya menjadi berbentuk elips. Baik pada bagian dalam serta bagian luar lengkungan besi.


Teknik Roll


Teknik roll atau biasa juga disebut dengan teknik coid bending. Salah satu cara membengkokkan pipa besi manual yang sering kali dilakukan. Untuk dapat membuat lengkungan dengan diameter besar. Menggunakan tiga roller yang tersusun membentuk segitiga.

Pipa besi akan dibengkokkan melalui dorongan dari salah satu poros roller tersebut. Hal itu karena prosesnya yang cukup berat. Teknik roll pun lebih sering penggunaannya dalam proses konstruksi bangunan.


Cara Manual Tanpa Panas


Untuk membengkokkan pipa besi tanpa panas juga dapat Anda lakukan. Asalkan pipa besinya yang digunakan tidak melebihi ukuran 1,25 inci dan diameter luarnya 42 mm. Untuk memulainya, Anda hanya membutuhkan serangkaian alat. Alat tersebut berupa sarung tangan demi keamanan Anda dan clamp besi.

Selain itu mal lengkung atau benda yang bentuknya bulat pada penggunaannya sebagai cetakan.  Mal lengkung tersebut dapat berupa pot tanaman. Pada bentuk lengkungnya sesuai dengan bentuk yang diinginkan.

Cara membengkokkan pipa besi manual, dengan menjepit ujung pipa dengan clamp secara kuat. Kemudian pegang erat ujung pipa yang lainnya menggunakan tangan. Posisikan pipa besinya pada bagian luar mal dan tarik pipa besi dengan kuat ke arah dalam mal. Hal itu agar menjadi bentuk lengkungan yang Anda inginkan. Tentunya cara ini juga membutuhkan tenaga besar. Sehingga Anda perlu untuk meminta bantuan dari orang lain.

Baca Juga  2 Jenis Pipa Baja Hitam Dan Proses Pembuatannya

Cara membengkokkan pipa besinya sering dilakukan dalam konstruksi bangunan. Pastikan Anda juga memiliki kebutuhan konstruksi bangunannya dengan ladder frame berkualitas. Anda juga perlu mengutamakan keselamatan dan menggunakan material bangunan terbaik.


Alat Pembengkok Besi Manual


Alat untuk membengkokkan besi yang dapat digunakan dengan jenis manual. Memiliki bentuk memanjang dengan bagian tengah terdapat katrol. Hal itu fungsinya untuk memutar bagian besinya. Sehingga akan menjadi lebih mudah untuk dibengkokkan.

Katrol ini fungsinya juga untuk membantu besi agar lebih mudah ditekan pada segala sisinya. Pada bagian lainnya memiliki sebuah tuas dari katrol. Bagian tersebut yang berguna sebagai alat penekan utama. Sehingga akan memungkinkan bagian besinya menekuk.

Cara membengkokkan pipa besi manual dengan mesin pembengkok manual ini. Hingga saat ini masih digunakan sampai sekarang. Hal ini karena memiliki harga yang dikatakan cukup terjangkau. Bahkan pada proses pengerjaannya yang lebih mudah.

Caranya cukup dengan memasukkan lempeng atau pipa besinya ke dalam bagian katrol. Tentukan ukuran dan bagian besinya yang ingin Anda bengkokkan. Kemudian posisikan besinya secara tepat pada bagian ujung katrolnya. Setelah itu perlu menekan tuas dengan kuat, hingga bagian katrol mulai bergerak ke bawah. Kemudian ikut menekan sisi besinya sampai menjadi bengkok.

Bagian besi yang bengkok akan secara otomatis berputar mengikuti katrolnya. Sehingga Anda dapat membengkokkan bagian besi yang lainnya. Penggunaan alat pembengkok besinya manual ini paling tepat. Apabila ukuran besi dengan diameter tidak terlalu tebal.


Dapatkan Pipa Besi dengan Kualitas Terbaik!


Cara membengkokkan pipa besi manual juga membutuhkan perhitungan matang. Untuk membengkokkan besi dapat dilakukan dengan berbagai teknik. Baja Utama Steel saat ini hadir sebagai perusahaan distributor besi & baja. Pastinya memiliki produk terlengkap se-Jakarta. Bukan hanya lengkap, namun jug berkualitas terbaik dan harga termurah.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *