besi cnp

Besi Cnp: Kegunaan dan Jenis-Jenisnya

Baja Utama Steel – Besi sudah menjadi hal umum yang sangat sering digunakan dalam dunia konstruksi dan infrastruktur. Salah besi yang umum ditemui pada infrastruktur dan konstruksi adalah besi yang dikenal dengan sebutan besi cnp. Dalam sebuah konstruksi ataupun infrastruktur sebuah bangunan biasanya besi jenis ini seringkali dipakai karena mempunyai berbagai keunggulan dari segi ketahanan dan serta kekokohan besi tersebut.

Besi CNP atau yang seringkali disebut dengan sebutan Baja ringan kanal C adalah salah satu material yang merupakan hasil fabrikasi dari plat Koil yang telah dibentuk hingga sedemikian rupa dengan menerapkan metode cutting serta branding sehingga membuat besi ini memiliki bentuk yang tampak seperti huruf C jika diperhatikan dengan seksama..

Pada umumnya standar ukuran panjang besi CNP yang sering ditemui adalah sekitar  6 meter dengan ukuran dan ketebalan yang tentunya berbeda. Akan tetapi, terkait ketebalan besi yang satu ini hanya terbatas sampai 3,2 mm saja yang umumnya dapat ditemui di pasaran. Besi yang berbentuk seperti huruf C ini sudah banyak dimanfaatkan untuk keperluan bahan konstruksi pada bangunan yang biasanya diaplikasikan sebagai rangka atap. selain untuk untuk bahan konstruksi bangunan, material besi  ini juga banyak dimanfaatkan untuk pabrikator otomotif dan juga industri.

Bahan Besi CNP

Besi CNP atau yang dikenal dengan sebutan Kanal C ini terbuat dari bahan dasar yang cukup kuat dan tidak mudah rapuh pastinya. Hal ini karena disesuaikan dengan fungsi dari besi itu sendiri, dimana jenis ini umumnya digunakan untuk menopang sebuah konstruksi atau beban yang terbilang cukup berat.

Baca Juga  Jual Besi Hollow Hitam dengan Kualitas Bagus Harga Terjangkau

Jika besi ini dibuat dengan bahan yang tidak kokoh dan mudah rapuh maka dapat dipastikan benda apapun ataupun konstruksi yang akan ditopang menggunakan besi ini akan dengan mudahnya roboh. Perlu untuk diketahui bahan dasar yang digunakan untuk pembuatan besi jenis kanal c ini merupakan besi plat, yakni plat koi yang memang memiliki daya tahan yang kuat.

Fungsi Dan Kegunaan Besi CNP

Sebagai material konstruksi yang memiliki peran penting, Besi CNP tentu memiliki banyak sekali kegunaan serta fungsi di bidang konstruksi itu sendiri. Berikut beberapa penjelasan mengenai fungsi dan kegunaan besi yang memiliki rupa seperti huruf C ini.

Dapat Digunakan Sebagai Rangka Atap

Seperti yang telah disampaikan di atas tadi. Kebanyakan bangunan besar yang berada di perkotaan mulai dari gedung bertingkat, pabrik, Mall, dan gudang mengandalkan material besi jenis kanal C  ini dalam proses pembangunannya. Sebab, material besi  ini memang populer dan terkenal memiliki daya tahan  dan kekuatan yang cukup bagus.

Digunakan Sebagai Purlin

Selain itu, besi yang memiliki bentuk seperti huruf c ini  juga tak jarang digunakan sebagai purlin. Purlin sendiri merupakan suatu bahan yang memiliki bentuk  mirip dengan balok dudukan dan memiliki fungsi sebagai penutup atap. Kemudian, besi CNP ini juga dapat  menahan beban yang lebih berat di atasnya.

Bahan Pagar Bangunan Serta Penutup Dinding

Besi CNP cukup terkenal memiliki ketahanan yang cukup kuat. Maka dari itu sudah bukan hal yang asing apabila material ini sering digunakan dalam pembuatan pagar dari sebuah bangunan. Kemudian jika dilihat dari segi keamanan juga lebih terjamin dan tidak cepat rusak. lebih dari itu, besi jenis ini  juga sering dimanfaatkan sebagai penutup dinding. Mungkin Anda sebelumnya pernah melihat sebuah dinding yang ditempel dengan material logam dan bisa dipastikan material logam tersebut adalah besi CNP.

Baca Juga  Cara Menghitung Besi Plat Lantai Agar Tidak Terlalu Boros

Yang terakhir karena karakteristik  besi yang satu ini sangat kuat dan juga kokoh, maka tak sedikit  juga besi ini sering digunakan dalam arsitektur sebuah bangunan.

Jenis-Jenis besi CNP

Material besi CNP yang dapat ditemui di pasaran, umumnya memiliki ukuran dan juga berat yang bervariasi. Seringkali ukuran standar besi jenis ini yang kebanyakan beredar dipasaran ini sudah sesuai dengan ketetapan yang sesuai standar yaitu memiliki panjang sekitar 6 meter. Sedangkan untuk ukuran yang lainnya dapat disesuaikan sesuai kebutuhan Anda dan konstruksi anda.

Di Indonesia sendiri, telah tersedia beberapa jenis serta beberapa varian berat dari besi CNP yang telah disesuaikan dengan keperluan akan material di Indoensia sendiri. Terdapat dua jenis besi kanal C yang dapat ditemui pada umumnya. Sesuai dengan jenisnya yakni baja ringan CNP dan besi CNP biasa, hal ini juga termasuk dan  sudah digolongkan berdasarkan dengan warnanya.

Kelebihan Yang Dimiliki Oleh Besi CNP

Salah satu kelebihan yang menjadi keunggulan dari besi CNP adalah karakteristiknya  yang kokoh dan kuat. Selain itu, besi yang memiliki bentuk seperti huruf C ini tersedia dalam berbagai ukuran serta berat yang beragam. Memang sudah tak diragukan lagi, dengan bahan dasar yang merupakan baja menjadikan besi jenis ini memiliki sifat dasar yang memang sudah kokoh dan kuat dari awal.

Dengan bentuk penampang yang menyerupai seperti huruf C yang presisi serta dalam proses pembuatannya yang dimana tentunya sudah disesuaikan dengan dimensi besi ini yang sesuai kebutuhan. Proses pembuatan ukuran pada besi kanal C juga tidak dilakukan dengan sembarangan karena ada tujuannya dimana agar pemasangan material tersebut dapat dilakukan dengan mudah di bagian konstruksi yang diinginkan.

Baca Juga  Gording Besi CNP: Kelebihan, Kekurangan Dan Cara Pemasangan

Lebih dari itu, kelebihan lainnya yang dimiliki oleh besi CNP ini selain karakteristiknya yang  kuat dan kokoh besi ini juga memiliki daya tahan yang baik dan juga awet terhadap korosi serta hewan rayap yang dapat menyebabkan kerusakan. Seperti yang sudah diketahui korosi menjadi musuh terbesar bagi material berbahan besi. Namun, dengan sifatnya yang demikian anda tidak perlu khawatir karena besi jenis ini  menjadi tidak akan cepat rapuh. Hal ini bisa terjadi tidak lain dikarenakan bahan yang digunakan oleh besi ini dalam proses pembuatan besi tersebut sudah teruji berkualitas dan sangat kuat.

Keuntungan lain yang menjadi keunggulan dari besi ini yaitu besi ini bisa didapat dengan harga yang relatif ekonomis dan terjangkau sehingga anda  tidak perlu lagi mengeluarkan banyak uang  untuk jangka panjang karena keawetan dan daya tahan besi ini.

Yang perlu anda ketahui juga kualitas material baja yang dimana merupakan salah satu  bahan dasar yang digunakan untuk menciptakan besi CNP juga melewati proses dengan menggunakan teknologi yang canggih. Tentunya sebelum diterima oleh konsumen produk sudah lebih dulu  di cek kualitasnya. Sehingga saat akan digunakan nantinya untuk keperluan konstruksi dalam sebuah konstruksi bangunan, strukturnya dijamin kuat dan kokoh, serta terjamin keamanannya.

Itulah penjelasan mengenai seputar besi CNP yang perlu anda ketahui sebelum memutuskan untuk membelinya sebagai pelengkap kebutuhan konstruksi bangunan anda.

Jika anda membutuhkan informasi lebih lanjut mengenai besi dan baja, Baja Utama Steel yang merupakan distributor besi dan baja terlengkap di Jakarta siap melayani dan membantu anda untuk memenuhi segala  keperluan konstruksi anda. 

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *