Plat Bondek

5 Kelebihan Plat Bondek Serta Kekurangannya

Baja Utama Steel – Dalam sebuah bangunan, terdapat banyak sekali komponen penunjang yang membuat bangunan tersebut dapat berdiri dengan kokoh dan sempurna. Salah satu komponen yang memiliki peranan penting adalah plat bondek. Bondek menjadi salah satu alternatif pengganti triplek yang saat ini banyak dimanfaatkan oleh berbagai kalangan masyarakat. 

Bondek merupakan sebuah bahan material konstruksi bangunan yang terdiri dari komposisi berupa seng dan aluminium. Selain populer dengan sebutan bondek, produk bangunan yang satu ini juga cukup terkenal dengan sebutan floor deck dan tak jarang juga orang menyebutnya smart deck.

Secara sederhana dapat dikatakan plat bondek merupakan material penulangan positif satu arah yang digunakan pada lantai beton sebuah bangunan bertingkat. Lembaran panel dari plat bondek memiliki bentuk plat gelombang yang dibuat dari baja struktur yang memiliki ketebalan sekitar  0,75mm dan 1,00 mm yang telah digalvanis dengan merata. Material bangunan yang satu ini juga berguna sebagai bekisting tetap dan langit-langit ruangan sebuah bangunan. Selain itu, Anda dapat memesannya berdasarkan panjang yang dibutuhkan oleh bagunan itu sendiri. 

Jenis plat bondek yang ada di Indonesia terbagi menjadi dua jenis berdasarkan bahan pembentuknya yakni bondek zincalume atau galvalume dan jenis yang kedua adalah plat bondek galvanis. Plat bondek banyak dimanfaatkan di dunia konstruksi bangunan seperti bangunan bertingkat, jalanan, flyover, hingga beton rumah. 

Kelebihan Menggunakan Plat Bondek

  1. Mengurangi Limbah Dan Ramah Lingkungan

Bondek memiliki gelombang yang memiliki fungsi sebagai tulangan dimana dapat menambah kekuatan struktur pada  tulangan beton. Dengan menggunakan bondek, tentunya akan mengurangi penggunaan besi atau penggunaan besi pada bangunan konstruksi dapat diganti dengan alternatif lain seperti  besi wire mesh.

Baca Juga  2 Jenis Pipa Baja Hitam Dan Proses Pembuatannya

Plat bondek dinilai lebih ramah lingkungan dibanding triplek dimana memiliki kelemahan yakni menimbulkan limbah saat selesai digunakan. Material triplek yang sudah digunakan untuk konstruksi beton tentunya akan kotor dan tidak dapat dibersihkan, sehingga membuatnya tidak dapat digunakan kembali.

Idealnya, triplek hanya dapat dipakai maksimal 2 kali saja, Sehingga sisa triplek yang tidak digunakan biasanya akan dibakar dan dimusnahkan. 

  1. Mengurangi Jumlah Tiang Penyangga

Idealnya plat Bondek akan diletakkan diatas beton tulangan ring balok yang akan berfungsi mengurangi jumlah penggunaan tiang penyangga dimana pada umumnya, tiang penyangga pada permukaan yang menahan cor dengan menggunakan triplek akan dipasang dengan jarak sekitar 40 hingga 60 cm, sedangkan dengan menggunakan bondek maka dapat dilebarkan dengan jarak  hanya sekitar 1 meter hingga 1,2 meter untuk setiap jarak antar penyangga. Sehingga dapat lebih menghemat jumlah tiang penyangga.

  1. Proses Konstruksi Lebih Cepat

Dengan menggunakan plat bondek, Anda tidak perlu susah payah lagi menyusun triplek, dengan menggunakan bondek yang memiliki ukuran dimana  lebar serta panjangnya dapat mempercepat waktu pengerjaan sehingga membuat proses pengecoran lebih cepat selesai dan lebih efisien.

  1. Lebih Hemat Dan Ekonomis

Salah satu yang menjadi kelebihan plat bondek yakni harganya yang lebih ekonomis sehingga dapat mengurangi anggaran yang berlebihan saat proses pembangunan secara signifikan.Hal ini dikarenakan, bondek dapat menghemat biaya untuk  pengadaan bekisting lantai. Lebih dari itu, bondek juga dapat digunakan sebagai floor deck sekaligus form work yang dapat menghemat bagian bekisting kedalam bentuk konstruksi beton yang masih segar.

  1. Tahan Api

Karakternya yang tidak mudah terbakar menjadi salah satu keunggulan yang dimiliki oleh material bangunan yang satu ini. Bahkan daya tahan terhadap  apinya dapat mencapai hingga dua jam lamanya dengan stabilitas yang cukup baik.

Baca Juga  Apa Bedanya Bondek Dan Wiremesh?

Kekurangan Dari Plat Bondek

  • Tidak Dapat Dipasang Pada Bagian Tepi

Salah satu yang menjadi kekurangan bondek adalah tidak dapat diaplikasikan di bagian tepi dari bangunan. sehingga Anda  tidak dapat memanfaatkan bondek dalam pembuatan pelat kantilever. Oleh karena itu, dibutuhkan metode konvensional dalam pembuatan pelat kantilever.

  •  Membutuhkan Keterampilan Dan Perhitungan Yang Tepat

Dalam proses pemasangannya diperlukan keterampilan yang baik agar dapat terpasang dengan sempurna. Pemasangannya perlu dilakukan dengan cermat karena akan berpengaruh pada hasil beton yang akan dibuatnya nanti.

Selain keterampilan, perhitungan yang tepat juga sangat dibutuhkan dalam menentukan jumlah kebutuhan bondek untuk suatu proyek pengecoran agar tidak menyisakan material yang akan terbuang percuma. Dengan perhitungan yang tepat, resiko kesalahan dalam penggunaan bondek dapat diatasi. 

Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Proses Pemasangan Plat Bondek

Dalam proses pemasangannya, material yang satu ini memiliki beberapa metode atau acuan yang perlu diperhatikan dan dipahami antara lain: 

  • Floor deck dapat dipasang pada bagian atas tumpuan portal konstruksi Baja, Konstruksi pas, portal konstruksi Beton hingga  batu bata. 
  • Panjang bondek yang digunakan minimal dapat menutupi 2 bangunan sekaligus mengingat panjang dek yang dapat dipasang mencapai 12 m sehingga Ada baiknya untuk menutup jarak bentang dengan seefisien mungkin. 
  • Sambungan harus berada di antara  2 panjang panel krisdek diusahakan seminimal mungkin.
  • Saat selesai proses pengecoran dan kondisi beton masih belum kering, sebaiknya gunakan papan sebagai jalan untuk dilintasi para pekerja saat meratakan adukan beton yang telah dituang di atas lantai decking, hal ini dilakukan agar nantinya lantai decking tidak terlalu banyak menerima beban dari manusia yang sedang beraktivitas di atasnya sekaligus menahan agar tidak terjadi defleksi yang mungkin terjadi pada lantai decking.
  • Ketika adukan beton telah tertuang diatas cetakan, adukan tersebut harus segera diratakan secara menyeluruh ke semua bagian pelat agar terhindar dari terjadinya penumpukan yang disebabkan oleh adukan beton yang menumpuk pada satu bagian saja sehingga pemadatan beton dapat merata ke semua bagian. Hal ini dikarenakan apabila terjadi penumpukan dapat menyebabkan beban beton tidak merrata ke seluruh bagian pelat lantai, untuk memastikan adukan beton tersebar dengan rata, Anda dapat menggunakan vibrator guna meratakan adukan yang telah dituang tersebut.
  • Untuk meratakan adukan beton dapat dilakukan mulai dari ujung balok yang kemudian diratakan hingga ke bagian tengah bentang pelat. terdapat dua arah yang dapat dilakukan untuk meratakannya yakni dengan cara searah atau dengan cara tegak lurus dengan rusuk lantai decking.
  • Pada saat proses perataan dan pemadatan beton saat proses pengecoran, posisi tulangan susut harus berada pada ukuran lebih dari 2 cm dari bagian bawah permukaan pelat lantai. Guna menjaga jaraknya dapat dilakukan dengan menggunakan tahu beton yang diletakkan di antara tulangan dan floor decking.
  • Kualitas beton yang digunakan minimal 21 Mpa atau 210 kg/cm2 guna mendukung kekuatan dari penggunaan floor decking.
  • Apabila hendak menggunakan zat aditif untuk beton, ada baiknya untuk gunakan zat aditif yang tidak mengandung zat – zat yang beresiko dapat  membuat lapisan galvanis rusak.
Baca Juga  2 Cara Terbaik Menerapkan Sambungan Baja WF

Nah itu dia penjelasan lengkap mengenai plat bondek. Pastikan untuk membeli plat bondek melalui distributor terpercaya dengan kualitas yang terjamin seperti Baja Utama Steel yang menyediakan berbagai macam besi dan baja untuk kebutuhan konstruksi Anda!

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *