Atap Spandek

7 Jenis-Jenis Atap Spandek Serta Kelebihannya

Baja Utama Steel – Atap adalah material paling penting dalam sebuah bangunan tentu sudah menjadi suatu keharusan untuk menggunakan atap untuk sebuah hunian. Ada banyak sekali jenis atap yang umum digunakan oleh orang untuk huniannya, salah satunya adalah atap spandek. Mengingat atap adalah komponen utama yang perlu diperhatikan saat menggunakannya untuk hunian anda, maka sangat disarankan untuk menggunakan material dengan kualitas yang baik.

Mengenal Lebih Jauh Atap Spandek 

Atap spandek merupakan salah satu jenis atap yang materialnya terbuat dari campuran 43% seng, 55% aluminium serta campuran silikon yang bertujuan agar atap ini memiliki struktur yang lebih fleksibel dan kuat. Ketiga material tersebut tentu membuat tipe atap ini memiliki karakteristik yang ringan, kokoh serta mudah untuk disesuaikan dengan bentuk bangunan Anda.

Atap dengan bahan spandek ini dinilai mempunyai daya tahan yang terbilang cukup baik serta  tampilan yang terlihat  lebih modern jika dibandingkan dengan atap tanah liat yang sering digunakan kebanyakan orang. dengan bentuk kotak-kotak yang simetris membuat jenis atap berbahan spandek ini cocok untuk digunakan pada atap perumahan dengan konsep minimalis atau industrial. Selain tampilannya, atap jenis ini juga menjadi salah satu atap yang populer karena harganya yang cukup ekonomis alias terjangkau.

Meskipun tersedia berbagai jenis atap lainnya yang terbiang lebih murah dari atap jenis spandek ini, tetapi tetap saja jenis atap yang satu ini menawarkan berbagai kelebihan yang sangat menarik. Lebih dari itu, atap jenis ini memiliki beragam jenis yang dapat anda sesuaikan dengan kebutuhan serta fungsi yang sesuai dengan rumah anda.

Baca Juga  Ketahui 7 Kelebihan Baja WF Yang Kokoh Dan Awet

Jenis-Jenis Atap Spandek

Banyak orang yang memilih atap jenis spandek untuk melengkapi bangunanannya. Hal ini dikarenakan Atap spandek tidak hanya terbatas dengan satu varian saja, melainkan atap  jenis spandek memiliki jenis yang beragam. Sehingga Anda dapat memilih jenis atap tipe spandek seperti apa yang dikira sesuai dengan selera serta kebutuhan rumah Anda.

  1. Spandek Biasa Atau Zincalum

Atap Spandek berjenis Zincalum merupakan tipe atap yang disebut juga dengan sebutan zincalum dimana atap jenis ini hanya tersedia dalam  satu pilihan warna saja, yakni silver. Umumnya, atap jenis ini diaplikasikan untuk penggunaan atap kanopi atau atap pergudangan, walaupun  tidak jarang juga atap jenis ini  digunakan sebagai atap hunian rumah. Selain itu, tipe atap ini tersedia dalam dua pilihan pola yaitu gelombang besar dan gelombang kecil. Tidak ada ketentuan atau perbedaan khusus terkait penggunaan pola-pola tersebut. Anda dapat memilih pola sesuai dengan selera anda.

  1. Spandek Warna

Jenis atap spandek yang selanjutnya adalah jenis spandek warna. Seperti sebutannya, atap jenis spandek yang satu ini terbagi dalam berbagai pilihan warna yang banyak seperti merah, kuning atau biru. Proses modifikasi pemberian warna pada atap jenis ini dilakukan dengan teknik coating sehingga warna pada atap tersebut tidak cepat pudar. Karena melewati proses modifikasi,maka  wajar saja apabila harganya akan lebih mahal jika dibanding dengan atap dengan  tipe biasa.

  1. Spandek Transparan

Selain dua jenis diatas, ada juga  jenis lainnya yaitu  atap spandek transparan dimana  atap jenis ini sangat cocok diaplikasikan pada bagian rumah yang memerlukan lebih banyak cahaya matahari, contohnya saja tempat untuk menjemur pakaian. Dengan menggunakan spandek transparan sebagai atap, pakaian yang anda jemur akan terkena sinar matahari namun akan tetap terlindungi dari hujan. Karena material atap jenis ini adalah plastik, harga dari jenis atap transparan yang satu ini lebih murah dan ekonomis serta lebih ringan sehingga mudah untuk dipasang.

  1. Spandek Pasir

Selanjutnya ada atap berjenis spandek pasir dimana  tipe atap ini seringkali dijumpai  pada rumah-rumah dengan konsep minimalis yang  dikombinasikan dengan menggunakan struktur atap baja ringan. Atap jenis pasir ini mempunyai kelebihan pada beratnya yang ringan, sehingga cenderung aman untuk digunakan. Sedangkan material pasir yang terdapat  di dalamnya juga membuat atap ini memiliki sifat peredam suara yang dinilai lebih baik jika dibanding dengan jenis spandek lainnya.

  1. Spandek Lengkung

Berikutnya yaitu jeni atap spandek lengkung, Sesuai dengan sebutannya itu, atap jenis ini memiliki bentuk lengkung serta dapat dipakai di permukaan atap bangunan yang memiliki struktur melengkung. Spandek jenis yang satu  ini mempunyai berbagai bentuk lengkung yang beragam, sehingga dapat dengan mudah disesuaikan dengan keperluan Anda.

  1. Spandek Kiplok

Yang keenam ada atap dengan bahan spandek berjenis Kiplok dimana tipe atap yang satu ini dapat dikatakan atap yang  paling canggih dikarenakan atap ini sudah memiliki sistem pengunci serta  pengikat yang sudah terpasang pada atapnya. Dengan adanya sistem tersebut, atap jenis ini dapat lebih mudah dipasang sekaligus dibuka tutup. Untuk teknologi yang digunakan pada atap jenis ini pun cukup terbilang tahan bocor sehingga aman untuk digunakan pada rumah anda.

  1. Spandek Laminasi

Yang terakhir yaitu spandek Laminasi dimana spandek jenis ini menggunakan bahan  dasar dari aluminium serta sudah dilengkapi dengan lapisan foil pada bagian luarnya. Dengan adanya lapisan foil tersebut , menjadikan tipe atap yang satu ini lebih kuat dan kebal terhadap benturan serta mempunyai daya tahan  yang lebih lama.

Baca Juga  Jangan Sampai Salah, Ketahui 3 Perbedaan Besi WF Dan H Beam Ini!

Kelebihan Menggunakan  Atap Spandek

Sebagai alternatif yang sering dijadikan pilihan sebagai pengganti dari atap tanah liat, spandek memiliki berbagai kelebihan yang patut anda pertimbangkan untuk digunakan sebagai pelengkap hunian anda. Berikut kelebihan yang ditawarkan oleh atap jenis spandek ini.

Mudah Untuk Diaplikasikan – Kelebihan pertama yang ditawarkan oleh atap ini adalah pemasangannya yang dinilai cukup mudah. Pengaplikasiannya sendiri tidak memerlukan banyak waktu hingga atap ini untuk menutupi ke  seluruh bagian atas rumah karena atap ini umumnya memiliki ukurannya yang lebar. Dengan adanya hal ini akan menghemat waktu pembangunan anda.

Anti Pecah – Dengan menggunakan atap tipe ini anda tidak perlu cemas saat terjadi angin besar, meskipun jenis atap ini tergolong memiliki bentuk yang  tipis namun tidak membuatnya mudah untuk pecah. Atap ini juga memiliki karakteristik yang kokoh serta anti pecah karena terbentuk dari material dan bahan kimia yang berkualitas. Selain itu, pandek juga memiliki kelebihan anti terhadap serangan rayap.

Banyak Varian Warna – Jika Anda senang dengan atap yang berwarna, spandek merupakan pilihan yang tepat karena tersedia  dalam berbagai pilihan warna atap yang bisa anda pilih sesuai selera anda.

Daya Tahan Lama – Selain kelebihannya yang anti pecah, spandek ini juga mempunyai umur yang dinilai cukup panjang. Bahkan, lebih dari itu atap jenis spandek  ini dapat bertahan sampai  20 tahun lamanya. Komposisinya materialnya yang tepat menjadikan atap ini kuat  dan tahan lama.

Itulah informasi seputar atap spandek yang perlu anda ketahui sebelum menentukan menggunakannya untuk melengkapi bangunan anda.

Jika anda membutuhkan informasi mengenai material konstruksi bangunanan seperti besi dan baja, Anda dapat mengunjungi website Baja Utama Steel. Sebagai distributor besi dan baja kami menyediakan jual spandek dengan kualitas terbaik dan harga yang terjangkau.

Similar Posts