Apakah Benar Wiremesh Adalah Komponen Penting Untuk Konstruksi?

Baja Utama Steel – Membangun sebuah bangungan yang kokoh dan kuat adalah impian semua orang dan bukan rahasia umum untuk menciptakan bangunan yang kokoh tentunya membutuhkan material bangunan yang tepat. Wiremesh adalah salah satu material yang banyak digunakan dalam proses pembangunan sebuah bangunan.  Untuk sebagian orang yang tidak familiar mungkin belum begitu mengenal material bangunan yang satu ini. Untuk itu, pastikan untuk membaca artikel ini sampai selesai.

Ada banyak sekali material bangunan yang diperlukan saat membangun sebuah konstruksi bangunan dimana setiap komponen memiliki peranannya masing-masing. wiremesh adalah salah satu material bangunan yang tidak boleh terlewatkan. Kekuatan bangunan yang Anda buat tentunya dipengaruhi oleh material-material bangunan yang digunakan, sehingga pastikan untuk menggunakan komponen bangunan dengan kualitas yang terjamin. 

Perlu diketahui ada banyak sekali hal yang perlu dipertimbangkan secara baik dan matang. Hal ini dikarenakan setiap komponen yang digunakan dapat mempengaruhi usia dari konstruksi tersebut. Semakin baik dan semakin mahal material  konstruksi yang digunakan tentunya akan semakin bagus juga ketahanan serta kemampuan dan kekokohan bangunan tersebut  untuk dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama. 

Mengenal Lebih Jauh Tentang Wiremesh

Seperti yang sudah dijelaskan di awal, besi wiremesh adalah material bangunan atau konstruksi yang dapat mempengaruhi kekuatan sebuah bangunan. Wiremesh adalah sebuah rangkaian berbahan dasar besi yang terlihat seperti lembaran kawat yang dibuat seolah saling berpotongan antara satu dengan yang lainnya. Dengan bentuknya yang terbilang unik, wiremesh seringkali dikenal dengan sebutan anyaman besi. 

Istilah anyaman besi tersebut tentunya berasal dari bentuknya yang terlihat seperti pola yang berbentuk jajaran genjang serta disambung dengan menggunakan metode pengelasan agar dapat terikat dan saling terhubung dengan sempurna.

Dalam konstruksi bangunan, besi wiremesh idealnya dimanfaatkan sebagai komponen penguat atau tulang pada proyek pengecoran jalan, lantai bangunan, hingga dak rumah karena material yang satu ini dikenal akan manfaatnya dalam menguatkan struktur sebuah bangunan. 

Fungsi Dari Besi Wiremesh

Dalam bidang konstruksi, tidak ada satupun komponen yang tidak mempunyai manfaat. Hampir semua komponen material bangunan dalam dunia konstruksi saling berkaitan antara satu dengan yang lainnya serta memiliki peran dalam proses pembangunan agar menjadi lebih kuat, kokoh dan berdiri dengan sempurna. Begitu juga dengan besi wiremesh dimana fungsi utama besi wiremesh adalah memperkuat struktur sebuah bangunan. 

Selain itu fungsi lain dari besi wiremesh adalah sebagai berikut: 

  • Wiremesh dapat dimanfaatkan sebagai besi tulangan untuk saluran drainase beton precast seperti u ditch precast, tutup buis beton hingga culvert box.
  • Dapat dimanfaatkan sebagai penguat dari dak beton pada sebuah konstruksi bangunan hingga plat lantai. Besi wiremesh adalah komponen yang akan menjadi sangat efektif jika diaplikasikan pada konstruksi bangunan bertingkat karena besi ini mampu menopang beban yang cukup berat.
  • Dapat digunakan sebagai plat beton yang ditempatkan di tanah karena besi yang satu ini dinilai mampu untuk mengeraskan struktur tanah sehingga mampu untuk menopang beban berat di atasnya.
  • Selain itu, Wiremesh adalah besi yang tak jarang digunakan dalam konstruksi jalan raya, fly over ataupun jalan tol karena kekuatannya dalam menahan beban berat yang terbilang sangat baik.
  • Plat beton yang seringkali ditemukan dalam bentuk menggantung ternyata dibuat dengan menggunakan besi wiremesh. Plat beton menggantung umumnya banyak  dimanfaatkan dalam konstruksi bangunan bertingkat atau saluran pembuangan air hujan.

Itu dia fungsi wiremesh dalam dunia konstruksi yang menjadikannya sebagai salah satu komponen bangunan yang cukup penting. 

Jenis-Jenis Besi Wiremesh

Sebelum menggunakan wiremesh sebagai salah satu komponen dalam bangunan Anda, pastikan untuk mengetahui terlebih dahulu jenis serta spesifikasi dari wiremesh itu sendiri. Dengan begitu, Anda dapat dengan mudah menentukan wiremesh mana yang tepat untuk digunakan dalam konstruksi bangunan Anda. Berikut jenis-jenis wiremesh yang perlu Anda ketahui:

  1. Jenis Wiremesh Berdasarkan Material Pembuatannya

Wiremesh adalah komponen yang dibentuk dari logam yang terdiri dari komponen baja karbon rendah, baja karbon tinggi, aluminium, tembaga dan nikel. Jenis wiremesh dengan bahan baja karbon rendah mempunyai kadar karbon sebesar 0.30%  sehingga membuatnya mudah untuk dibentuk. Sedangkan wiremesh yang dari material baja karbon tinggi mempunyai kadar karbon lebih dari 0.70% yang membuatnya lebih kuat serta lebih keras dari baja karbon rendah. Selain jenis di atas, terdapat jenis wiremesh yang terbuat dari campuran tembaga, aluminium serta nikel yang menjadikan besi yang satu ini tidak mudah berkarat, mengalami korosi serta lebih tahan lama.

  1. Jenis Wiremesh Berdasarkan Proses Pembuatannya

Sedangkan berdasarkan proses pembuatannya wiremesh terbagi menjadi dua jenis yakni  welded wiremesh atau wiremesh las dan woven wiremesh atau wiremesh anyam. Hanya saja,  welded wiremesh adalah salah satu yang paling banyak beredar di pasar Indonesia. Seperti namanya, wiremesh las dibuat dengan memanfaatkan mesin las yang memiliki tegangan tinggi. Ada banyak cara dalam pengelasan produk wiremesh. Hanya saja, metode pengelasan dengan electrical resistance dinilai sebagai metode yang paling ekonomis. 

Usai selesai di las, maka wiremesh akan membentuk seperti lembaran jejaring besi datar yang kaku. Sebagai informasi, besi wiremesh las memiliki bentuk anyaman yang beragam yakni Double Weave yang merupakan jenis anyaman dengan tekstur berkerut dimana anyamannya dibuat berlapis sehingga memberikan daya tahan yang kuat. Sedangkan jenis anyaman lain dari wiremesh adalah plain weave yang merupakan besi dengan tekstur polos.

Selain itu Wiremesh tersedia dalam bentuk lembaran dan gulungan. Dimana bentuk lembaran dijual dalam bentuk lembaran dengan ukuran standar sekitar 210 cm x 540 cm dan begitu juga dengan wiremesh gulungan yang dijual dalam bentuk gulungan.

 Tips Memilih Wiremesh Dengan Tepat Untuk Bangunan Anda

Untuk membangun sebuah konstruksi yang kokoh, tentunya dibutuhkan bahan-bahan bangunan dengan kualitas yang baik dan sesuai kebutuhan. Sehingga pastikan untuk memilih wiremesh dengan tepat. Berikut beberapa tips yang perlu Anda perhatikan sebelum memilih wiremesh sebagai salah satu komponen pelengkap konstruksi Anda.

  1. Mengetahui Ukuran Wiremesh Yang Dibutuhkan 

Agar tidak salah membeli, pastikan untuk mengetahui ukuran wiremesh yang dibutuhkan oleh bangunan Anda dengan mengukur struktur bangunan dan ukuran diameter dari wiremesh itu sendiri. 

  1. Pilih Wiremesh Dengan Kualitas Baik Tanpa Karat 

Meskipun terkenal kuat dan kokoh, wiremesh adalah besi yang juga dapat berkarat, sehingga Anda perlu memperhatikannya saat membeli agar daya tahan dari besi wiremesh yang Anda beli lebih bagus. Pastikan besi yang Anda beli dalam kondisi bersih tanpa karat sedikitpun.

Nah itu dia penjelasan lengkap mengenai besi wiremesh yang dapat Anda jadikan sebagai referensi saat ingin menggunakan wiremesh sebagai komponen pelengkap bangunan Anda. Pilih wiremesh dengan kualitas terbaik yang ditawarkan oleh Baja Utama Steel yang merupakan distributor baja terbaik dan terpercaya. Kunjungi websitenya di https://bajautamasteel.com/ sekarang juga!