baja adalah

Apa Benar Baja Adalah Material Konstruksi Paling Kuat?

Baja Utama Steel – Ada banyak sekali material konstruksi, salah satunya adalah baja. Hampir semua orang pasti mengetahui material konstruksi yang banyak digunakan di berbagai konstruksi bangunan dan terkenal karena kekuatannya. Baja adalah salah satu jenis logam yang terbentuk dari perpaduan antara unsur besi dan unsur karbon. Dimana unsur besi pada baja  menjadi unsur utama yang membentuk baja sedangkan unsur  karbon sendiri merupakan unsur tambahan yang membuat karakter baja menjadi lebih kaku.

Meskipun familiar di telinga dan dapat ditemukan dengan mudah di distributor besi baja, sayangnya, masih banyak orang yang menyangka bahwa baja sama seperti besi. Faktanya, kedua material konstruksi tersebut dapat dikatakan berbeda dimana terdapat sejumlah perbedaan yang mempengaruhi kekuatan serta cara penggunaannya. Nah untuk itu, agar tidak keliru dalam membedakan besi dan baja, artikel kali ini akan membahas mengenai baja secara lengkap dan jelas. 

Mengenal Baja Lebih Jauh

Agar tidak salah membedakan baja dan besi, kenali terlebih dahulu material konstruksi yang satu ini sebelum membelinya di distributor besi baja. Seperti yang sudah dikatakan diatas, Baja adalah material konstruksi bangunan yang diproduksi menggunakan perpaduan dari beberapa material seperti besi, karbon, kromium, nikel, aluminium, silikon, sulfur, mangan, nitrogen, dan oksigen. Dengan daya kekuatan tarik yang cukup  tinggi ditambah biaya pembuatan yang terbilang rendah membuat baja menjadi material konstruksi favorit yang diminati  banyak orang untuk berbagai kebutuhan pembangunan rumah hingga gedung.

Daya tarik tinggi yang dimiliki oleh baja berasal dari kandungan karbon sehingga material yang satu ini pun memiliki tingkat kekerasan sekaligus daya tarik yang sangat baik. Baja adalah material yang memiliki kekuatan hingga 1000 kali jauh lebih baik jika dibandingkan dengan material besi murni, Selain itu baja juga memiliki daya redam dengan tingkat yang jauh lebih kecil membuat penggunaannya begitu luas.

Baca Juga  Ketahui 7 Kelebihan Baja WF Yang Kokoh Dan Awet

Dalam dunia industri, baja menjadi salah satu material dasar yang begitu penting. Baja juga banyak dimanfaatkan dalam konstruksi jembatan, transportasi, kerangka gedung, perlengkapan rumah tangga atau dapur hingga generator. Bisa dikatakan hampir 95% produk dan peralatan menggunakan material baja. Selain itu dapat dibeli dengan mudah di distributor besi baja. Oleh karena itu baja sangat populer di berbagai kalangan. 

Karakteristik Baja

Baja adalah material yang memiliki karakter berbeda-beda tergantung berdasarkan hasil produksinya. Namun, secara umum yang dijual oleh kebanyakan distributor besi baja material yang satu ini memiliki daya tahan yang sangat kuat terhadap karat, memiliki sifat magnet yang cukup kuat, koefisien muai yang terbilang rendah, memiliki daya tahan yang kuat terhadap beban maupun tekanan, dan baja juga memiliki daya  tahan terhadap asam. Selain itu, baja adalah material logam yang memiliki tampilan mengkilap sekaligus  karakter yang kuat, keras, dan awet sehingga tak heran apabila material yang satu ini banyak digunakan sebagai bahan pembuatan perkakas.

Jenis-Jenis Baja

Ada banyak sekali jenis baja yang beredar di pasaran dan dijual oleh distributor besi baja. Namun secara umum baja dibagi menjadi dua jenis. Berikut jenis-jenis baja yang umumnya dijual oleh distributor besi baja yang perlu diketahui! 

Baja karbon atau carbon steel dimana jenis baja yang satu ini terbagi menjadi  tiga macam baja yakni baja karbon rendah yang memiliki karakteristik yang mudah ditempa, baja karbon menengah yang merupakan jenis baja yang cenderung lebih kaku, dan jenis terakhir dari baja adalah baja karbon tinggi yang memiliki karakter yang sangat kaku serta sulit untuk dibengkokkan atau dipotong.

Baja paduan atau alloy steel yang merupakan salah satu jenis baja yang diproduksi menggunakan berbagai macam material guna meningkatkan kekerasan, daya tarik, menambah sifat mekanik di temperatur rendah, sekaligus meningkatkan daya tahan terhadap oksidasi dan reduksi. Jenis kedua dari baja adalah Baja paduan ini yang kemudian terbagi menjadi tiga jenis yakni baja paduan rendah yang memiliki elemen paduan kurang dari 2,5%, baja paduan menengah dimana memiliki elemen paduan sebesar 2,5% hingga 10%, dan klasifikasi yang terakhir dari baja adalah baja paduan tinggi yang memiliki elemen paduan lebih dari 10%.

Baca Juga  Keunggulan Jembatan Baja untuk Infrastruktur Modern

Pengaplikasian Baja

Dengan banyaknya kelebihan yang ditawarkan oleh baja membuat baja menjadi material yang banyak dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan, mulai dari kebutuhan konstruksi bangunan hingga perlengkapan dapur. Contohnya saja, baja adalah material yang dimanfaatkan untuk pembuatan atap serta pagar rumah, pembuatan fly over, rel kereta api, pembangunan menara, sebagai material yang digunakan dalam memproduksi mesin, mobil, kapal dan pesawat terbang,  hingga  material yang berguna untuk memproduksi perlengkapan dan alat otomotif, hingga alat-alat untuk memasak.

Keunggulan Yang Dimiliki Baja

Sebagai material bangunan yang paling banyak digunakan oleh berbagai kalangan industri dan dapat dengan mudah dibeli di distributor besi baja, baja adalah material yang memiliki segudang keunggulan. Berikut keunggulan yang dimiliki oleh baja. 

Deklarasi Tinggi

Keunggulan pertama yang dimiliki oleh baja adalah deklarasi tinggi dimana deklarasi sendiri merupakan kemampuan sebuah struktur bangunan saat mengalami simpangan pasca-elastik secara berulang seperti halnya saat terjadi bencana gempa. Tentunya, tanpa struktur yang kuat sebuah bangunan yang terkena goncangan gempa akan mudah hancur. Dengan deklarasi yang tinggi membuat baja dapat mempertahankan posisi bangunan dengan baik dan tetap kokoh dan aman saat terjadi guncangan berulang kali. 

Ringan

Salah satu keunggulan yang ditawarkan baja adalah bobotnya yang ringan.  Meski ringan baja memiliki karakter yang kuat dan kokoh. Baja terbilang lebih ringan dari material kayu yang umumnya digunakan untuk keperluan  pondasi bangunan dan sebagainya.

Kelebihan yang ditawarkan baja ini tentunya mempermudah banyak hal seperti  mobilisasi saat proses instalasi serta desain. Dengan berat yang ringan Anda tidak perlu bantuan banyak pekerja ataupun alat berat sehingga dapat mengurangi pengeluaran Anda. 

Instalasi Mudah

Baja yang umumnya dijual oleh distributor besi baja idealnya diproduksi secara fabrikasi sehingga membuatnya lebih mudah dalam hal pengaplikasian. Terutama dalam hal penggunaan beragam perlengkapan yang biasa digunakan untuk kebutuhan ini.

Baca Juga  Ketahui Perbedaan Besi dan Baja Untuk Bahan Konstruksi

Banyaknya ukuran produk yang tersedia juga mempermudah proses pengaplikasian sehingga proses konstruksi bangunan akan lebih cepat selesai tanpa mengalami  kesulitan berarti. 

Lebih Stabil

Berbeda dengan kayu yang memiliki struktur tidak konstan sehingga memerlukan  tatakan labil yang berasal dari kontur tanah yang ditempati. Sebaliknya, baja adalah material dengan  karakter kuat dan konstan sehingga dapat mengatasi permasalahan tersebut.

Hal ini disebabkan, beban mati pada produk yang relatif rendah membuat struktur pondasi dengan baja memiliki karakter yang  lebih kokoh, tidak mudah mengalami pergeseran dan konstan, walaupun berada diatas tanah yang tidak labil.

Ramah Lingkungan

Baja adalah produk yang ramah lingkungan karena konstruksi baja idealnya dapat didaur ulang. Sehingga penggunaannya pun dapat mengurangi produksi sampah yang tidak dapat terurai. 

Nah itu dia penjelasan lengkap mengenai baja yang perlu diketahui agar tidak keliru saat ingin membelinya di distributor besi baja.

Sedang cari distributor besi baja yang murah dengan kualitas terbaik? Baja Utama Steel solusinya! menyediakan berbagai jenis baja dan besi untuk keperluan konstruksi bangunan dengan kualitas terjamin. 

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *