baja hollow

Mengenal Baja Hollow Hitam Yang Estetik Dan 4 Kelebihannya

Baja Utama Steel – Dunia konstruksi terus mengalami perkembangan, jika zaman dulu mayoritas material konstruksi menggunakan material kayu sebagai material utama, kini eksistensinya mulai tergeser oleh material metal atau logam seperti baja hollow hitam yang sudah banyak digunakan oleh masyarakat. Material baja memang sedang naik daun dan semakin populer karena berbagai keunggulan yang dimiliki ditambah hadirnya inovasi baru dalam dunia konstruksi yang mengusung konsep bangunan yang ramah lingkungan.

Kini, baja hollow sangat mudah ditemukan dalam berbagai konstruksi bangunan khususnya hollow hitam. Selain memiliki karakter yang kokoh, material yang satu ini dinilai dapat meningkatkan tampilan dan nilai estetika sebuah bangunan. Beberapa orang mungkin masih belum begitu mengenal istilah besi hollow, berbeda dengan orang yang memang bekerja di bidang konstruksi dan pertukangan yang pastinya sudah mengenal material yang satu ini. Untuk itu pastikan untuk membaca artikel ini hingga selesai untuk mengetahui dengan detail material konstruksi yang satu ini.

Mengenal Baja Hollow 

Baja hollow sendiri merupakan material konstruksi yang memiliki bentuk kotak atau persegi panjang dengan rongga pada bagian tengah sehingga baja ini memiliki bentuk yang menyerupai pipa. material ini terbagi menjadi beberapa jenis salah satunya adalah hollow hitam, hollow galvanis dan hollow galvalum yang cukup populer di kalangan kontraktor bangunan. 

Istilah baja jenis hollow sendiri datang dari bahasa inggris yang memiliki arti “berongga”. Banyak yang belum mengetahui ternyata nama asli dari material yang satu ini adalah baja HSS atau hollow structural sections. Penyebutan tersebut ​​mengacu pada pipa baja las berkekuatan tinggi yang umumnya digunakan sebagai elemen struktural pada sebuah konstruksi bangunan serta struktur lainnya serta berbagai  macam produk manufaktur. 

Baca Juga  Mengenal Pagar Rangka Baja Yang Kokoh Dan 5 Keunggulannya

Baja jenis hollow ini memiliki beragam kegunaan dalam kehidupan sehari-hari khususnya dalam dunia konstruksi. Selain bermanfaat sebagai konstruksi penopang plafon, baja yang satu ini juga banyak dimanfaatkan dalam pembuatan rangka kanopi, pagar,hingga teralis minimalis dan sebagainya. Bahkan baja yang satu ini juga banyak digunakan sebagai material utama untuk pemasangan panel gypsum maupun panel GRC.

Dengan bentuknya yang simple dan terlihat seperti pipa kotak yang lurus, material baja hollow khususnya hollow hitam banyak dimanfaatkan dalam pembuatan berbagai material interior serta furniture dengan konsep minimalis yang sedang populer saat ini.

Mengenal Baja Hollow Hitam Dan Proses Pembuatannya

Berdasarkan materialnya pembuatannya, material ini dibagi menjadi tiga jenis yakni hollow hitam, hollow galvanis serta hollow galvalum. Secara umum, ketiga jenis baja hollow tersebut terbuat dari material baja di mana proses pembuatan serupa yakni dengan dibentuk menjadi kotak dengan memanfaatkan mesin khusus. Perbedaannya dari masing-masing jenis sendiri terletak pada material baja yang digunakan serta lapisan anti karat yang digunakan pada masing-masing jenis hollow tersebut. 

Baja hollow hitam dan hollow galvanis umumnya terbentuk dari material berupa plat baja hitam sedangkan untuk jenis hollow galvalum terbuat dengan material plat baja galvalum. Untuk informasi lengkapnya simak ulasan berikut ini. Baja yang berwarna hitam  yang satu ini terbuat dari lempengan plat baja hitam yang dikenal dengan istilah hot rolled steel sheet yakni lempengan baja tipis berbahan dasar utama baja canai panas (hot rolled coil) yang kemudian di press hingga menjadi lembaran baja dengan warna hitam. 

Baja jenis ini umumnya tersedia dalam ukuran panjang 6 meter dengan ketebalan penampang yang beragam. Karena dibuat dengan plat baja hitam, baja yang satu ini memiliki karakteristik yang hampir sama yakni  tebal, warnanya yang hitam keabu-abuan serta kuat membuat material ini memiliki daya tahan terhadap api yang bagus dan peredam panas yang baik. Selain dijual dengan harga yang terjangkau, baja yang berwarna hitam ini juga memiliki nilai estetika yang tinggi sehingga menjadikannya cukup populer dan banyak digunakan dikalangan masyarakat sebagai material pagar serta pembuatan kanopi. 

Baca Juga  Apa Bedanya Bondek Dan Wiremesh?

Proses Pembuatan Baja Hollow Hitam

Proses pembuatan Baja hollow hitam sangat menarik untuk diulas, yakni proses berawal dari gulungan coil yang kemudian dipotong (slitting) terlebih dahulu berdasarkan ukuran yang dibutuhkan produksi. Setelah proses slitting, potongan tersebut akan digulung kembali hingga menyerupai gulungan pita plat besi yang lebarnya lebih kecil sebelum dimasukan kedalam proses produksi. 

Kemudian, beberapa gulungan pita plat baja tersebut diproses kembali dengan mesin produksi uncoiler serta disatukan dengan gulungan yang lain dengan menggunakan proses akumulasi pada mesin akumulator. Hal ini bertujuan untuk menghindari kehabisan gulungan plat pada saat proses produksi sedang berjalan.

Selanjutnya adalah roses forming yang merupakan proses pembentukan pita plat baja hitam hingga berubah bentuk menjadi pipa bulat dengan cara ditekan melalui sisi kanan dan kiri dengan menggunakan mesin rolling. Hal diatas bertujuan untuk menyatukan sisi-sisi yang terdapat pada lembaran plat hingga menjadi bentuk tabung atau bulat yang nantinya akan bagian tengah akan direkatkan dengan menggunakan metode las. Proses pengelasan dibutuhkan agar daya tahan baja terhadap beban saat dijadikan tumpuan dapat ditahan dengan aman dan sempurna.

Setelah membentuk pipa bulat, proses selanjutnya yaitu pendinginan dengan cutting oil (campuran air dan oli) yang bertujuan untuk menurunkan suhu panas sebelum akhirnya memasuki proses sizing. Usai melewati proses pendinginan, pipa bulat tersebut akan melewati proses pembentukan atau sizing yakni perubahan bentuk pipa bulat menjadi pipa kotak atau hollow hitam yang disesuaikan dengan ukuran standar yakni 6 meter atau dapat dipotong sesuai panjang yang dibutuhkan.

Seperti yang telah dijelaskan diatas, baja hollow hitam terdiri dari banyak variasi ukuran serta ketebalan, oleh sebab itu jangan sampai Anda salah pilih. Ada baiknya sebelum membeli pastikan ukuran yang sesuai dengan kebutuhan Anda. 

Baca Juga  4 Keunggulan Menggunakan Kanopi Besi WF

Kelebihan Baja Hollow Hitam

Sebagai material baja yang banyak digunakan, baja yang satu ini tentunya menawarkan berbagai keunggulan yang membuatnya memiliki daya tarik tersendiri. Berikut beberapa kelebihan yang dimiliki oleh hollow hitam: 

  • Baja yang satu ini tersedia dalam berbagai ukuran serta ketebalan yang sangat bervariasi. Sehingga Anda dapat menyesuaikannya dengan kebutuhan Anda.
  • Memiliki daya tahan yang sangat baik sehingga sangat cocok digunakan untuk keperluan konstruksi bangunan yang mengharuskan menopang beban berat.
  • Harga baja hollow hitam relatif lebih terjangkau dibanding hollow jenis galvanis meskipun dengan ketebalan yang sama.
  • Mudah di cat dengan menggunakan teknik pengecatannya yang tepat sehingga sangat bagus untuk digunakan sebagai material interior. 

Nah itu dia pembahasan seputar baja hollow hitam yang dapat dijadikan pertimbangan agar dapat memudahkan Anda saat menentukan jenis baja yang sesuai dengan kebutuhan konstruksi maupun keperluan interior dan eksterior bangunan Anda.  

Pastikan untuk memilih material baja dengan kualitas terbaik dan terjamin sehingga mendapatkan hasil yang maksimal. Dapatkan baja hollow dengan harga terbaik di Baja Utama Steel distributor besi dan baja terlengkap dengan kualitas terbaik. 

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *