Baja UNP

4 Kelebihan Baja UNP Lengkap Beserta Kegunaanya

Baja Utama Steel – Jika berbicara soal material konstruksi yang memiliki daya tahan serta kekuatan yang baik, maka baja UNP jawabannya. Material  baja yang satu ini sangat terkenal akan kekuatannya serta tahan lama. Tidak heran apabila baja atau besi UNP pun banyak digunakan untuk konstruksi bangunan seperti gedung. Saat ini pengaplikasiannya pun banyak dimanfaatkan dalam membangun konstruksi bangunan yang tahan terhadap gempa.

Apakah Anda tertarik untuk memanfaatkan material baja jenis UNP dalam konstruksi bangunan? Simak informasi lengkapnya mengenai material yang satu ini. 

Apa Itu Baja UNP?

Baja UNP merupakan salah satu dari dua jenis baja kanal. Baja kanal sendiri terdiri dari dua jenis yakni UNP dan CNP. Baja CNP sendiri adalah salah satu varian besi kanal yang memiliki bentuk yang menyerupai huruf ‘C’, sehingga membuat material yang satu ini disebut CNP. Sementara baja kanal UNP memiliki bentuk yang mirip dengan huruf U.

Kedua varian material besi baja tersebut sudah sangat sering ditemukan dalam dunia konstruksi sebuah bangunan. Meskipun berasal dari jenis besi baja yang yang serupa, kedua besi baja ini tentunya memiliki fungsi serta karakteristik yang berbeda-beda antara satu sama lain.

Besi kanal CNP merupakan material besi yang lebih umum digunakan dalam dunia otomotif, konstruksi sebagai material rangka atap, serta juga bidang industri. Sedangkan Besi baja UNP memiliki fungsi yang cukup bervariatif, walaupun kebanyakan digunakan dalam bidang konstruksi. 

Besi baja UNP atau yang dikenal juga dengan sebutan Kanal U Channel Steel merupakan material besi baja yang dibuat berdasarkan standarisasi Eropa yang digunakan sebagai bagian dari proses  pembuatan struktur sebuah bangunan hingga aplikasi industrial. 

Baca Juga  Jual Besi UNP Serta Manfaat Penggunaannya

Kanal U ini banyak digunakan dalam konstruksi baja dan dimanfaatkan sebagai penopang atau penyangga utama. Besi UNP juga banyak digunakan sebagai bracing maupun penguat pada sebuah konstruksi baja yang terdapat pada bangunan ataupun jembatan baja.

Kegunaan Baja UNP

Baja UNP ternyata mempunyai banyak sekali kegunaan khususnya dalam dunia konstruksi bangunan. Hal ini berkat kekuatan yang dimiliki oleh material baja yang satu ini yang dinilai sangat tangguh dengan kualitas baja terbaik. Sehingga tak heran apabila besi atau baja  UNP ini menjadi salah satu material konstruksi yang banyak dicari, baik itu untuk keperluan pembangunan rumah, gedung bertingkat yang tinggi, hingga keperluan otomotif.

Secara umum, baja yang satu ini lebih sering dimanfaatkan sebagai purlin. Purlin sendiri merupakan balok penutup rangka atap. Selain itu, baja dan besi UNP juga banyak dimanfaatkan sebagai material untuk girt atau struktur horizontal yang digunakan untuk  menopang dinding. Girt sendiri merupakan ekuivalen dari purlin, di mana keduanya diperuntukan untuk menghasilkan konstruksi bangunan yang lebih kokoh, tahan terhadap angin kencang, hingga goncangan gempa.

Dalam beberapa kesempatan, besi UNP juga dimanfaatkan untuk konstruksi rangka tangga, kontainer sampah,  gardu listrik, hingga bak mobil. Material baja UNP memiliki banyak kegunaan yang sangat bermanfaat dalam dunia konstruksi yang menjadikannya material bangunan yang satu ini layak untuk  Anda pertimbangkan.

Kelebihan Baja UNP

Setelah mengetahui berbagai macam kegunaan dari baja UNP, Anda juga perlu mengetahui soal kelebihan dan keunggulan yang dimiliki oleh material yang satu ini sebelum membeli dan menggunakan material yang satu ini untuk keperluan konstruksi Anda.

  1. Mudah Diaplikasikan

Baja yang memiliki bentuk menyerupai huruf U ini sering digunakan sebagai sambungan. hal tersebut dikarenakan besi yang satu ini termasuk salah satu jenis besi yang mudah dibentuk. Dengan begitu dapat dipastikan dalam pengaplikasiannya material ini jauh lebih mudah dan efisien dari segi waktu. 

  1. Daktilitas tinggi

Dalam hal ini, Daktilitas yang dimaksud adalah kemampuan dari baja dan besi UNP dalam menghadapi simpangan pasca-elastik dengan daya yang cukup besar secara berulang-ulang atau secara sederhana dapat diartikan sebagai kemampuan material kanal U dalam menahan tegangan tarik yang terjadi. 

Baca Juga  Berbagai Kelebihan Menggunakan Besi UNP untuk Tangga Hingga Perawatannya

Material UNP memiliki tingkat daktilitas yang cukup tinggi karena material yang satu ini tidak mudah memuai saat harus menopang beban yang berat. Selain itu, kekokohan material UNP sudah tidak diragukan lagi karena kualitasnya yang anti terhadap serangan rayap sekaligus anti karat.

  1. Eco Friendly

Dengan kualitas baja UNP yang sangat baik dan tidak mudah rusak maupun berkarat, menjadikan besi UNP ini dapat digunakan berulang kali. Contohnya saja apabila Anda ingin mengganti baja yang satu ini dan diganti dengan yang baru, material UNP yang lama tetap Anda manfaatkan untuk keperluan lain dan masih memiliki nilai jual. 

  1. Lebih Hemat Dan Ekonomis

Baja UNP merupakan material yang tahan panas serta korosi, sehingga penggunaanya jauh lebih awet apabila dibandingkan dengan jenis baja lainnya. Anda pun tidak perlu repot-repot untuk mengeluarkan budget berlebih untuk perawatan atau bahkan mengganti besi UNP secara berkala. Selain itu, dalam pemasangannya, baja dan besi UNP tidak membutuhkan papan-papan sebagai tiang beton, sehingga akan lebih menghemat anggaran.

Perbedaan Besi UNP Dan CNP

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa baja jenis UNP dengan CNP hampir serupa namun memiliki perbedaan. Meskipun keduanya tergolong dalam jenis kanal, keduanya memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Agar tidak salah membeli, pastikan untuk menyimak ulasan berikut hingga selesai. 

Selain kedua bentuk material yang berbeda, fungsi serta kegunaan kedua besi ini juga berbeda.  Berikut ini perbedaan yang dimiliki antara baja besi jenis UNP dengan besi baja CNP:

  1. Baja UNP

Seperti namanya, material baja yang satu ini memiliki bentuk atau tampilan yang menyerupai huruf U. Umumnya material yang satu ini banyak digunakan sebagai penutup pada dinding, pada dudukan di atap, serta pada rangka yang terdapat pada komponen suatu konstruksi bangunan. 

Baca Juga  Prosedur Serta Cara Pemasangan Besi UNP yang Tepat untuk Konstruksi Atap

Baja atau besi kanal U juga memiliki berbagai jenis yang dapat ditentukan berdasarkan spesifikasinya masing-masing. Setiap jenisnya dari material ini memiliki karakteristik serta ukuran yang berbeda pada bagian penampang yang tidak sama. Dengan begitu kegunaannya pun berbeda-beda untuk setiap jenis dan ukuran. 

  1. Baja CNP

Sedangkan untuk baja kanal dengan bentuk yang menyerupai huruf C disebut dengan baja CNP. Umumnya, besi kanal C ini digunakan dalam berbagai industri, konstruksi, hingga otomotif. Ukuran umumnya diproduksi dengan panjang 6 m dengan ukuran penampang yang variatif. 

Tak berbeda dengan Baja UNP, tingkat ketebalan yang dimiliki oleh baja CNP ini juga sangat bervariatif, sesuai dengan tujuan penggunaannya. Material yang satu ini banyak dimanfaatkan sebagai balok dudukan pada elemen, penutup bagian atas, hingga girts yang nantinya akan mengendalikan penutup suatu ruangan.

Itu dia penjelasan singkat mengenai baja UNP, mulai dari kegunaan, keunggulan serta perbedaannya dengan baja CNP agar Anda tidak salah membeli nantinya. Pastikan Anda mengetahui karakteristik serta kegunaan dari jenis material yang satu ini untuk dapat menggunakannya secara maksimal pada konstruksi Anda. 

Dapatkan baja UNP dengan kualitas terbaik di Baja Utama Steel yang merupakan distributor besi dan baja terlengkap dan terpercaya. Kunjungi website kami untuk informasi yang lebih lengkap.

Similar Posts