Cover Image BUS - spandek untuk atap rumah
|

Kelebihan Menggunakan Spandek Untuk Atap Rumah

Atap memang termasuk sebagai salah satu elemen utama dalam sebuah rumah, itulah mengapa tanpa adanya atap sama saja seperti bukan rumah, karena tidak melindungi dari panas maupun hujan. Nyatanya memang sekarang ini ada lebih beragam pilihan material untuk atap rumah, termasuk diantaranya adalah spandek. Spandek untuk atap rumah tentunya sudah tidak asing lagi bagi Anda bukan, karena ada banyak orang yang mengaplikasikannya saat ini.

Kali ini Baja Utama Steel akan membahas mengenai spandek sebagai alternatif untuk atap rumah. Ini adalah hasil pengalaman Baja Utama Steel dalam membantu developer maupun yang ingin membangun rumah dengan alternatif atap selain genteng. Yuk kita simak.

Mengenal Tentang Material Spandek Untuk Atap Rumah

Mungkin masih banyak juga diantara Anda yang asing dengan material spandek ini, karena memang rata-rata hanya rumah di kawasan kota besar yang mengaplikasikan pemakaiannya. Spandek untuk atap rumah ini adalah material yang dibuat dari campuran antara bahan aluminium dan seng serta beberapa bahan tambahan lainnya, digunakan sebagai pengganti atap konvensional seperti dari material tanah liat.

Campuran bahan-bahan tersebut nantinya akan menghasilkan atap spandek yang pada dasarnya memiliki beberapa sifat seperti kokoh, ringan serta lebih awet dibandingkan dengan jenis atap konvensional. Lalu apakah di pasaran dalam negeri sendiri ada toko bangunan yang menjual material atap spandek ini? nyatanya cukup banyak toko yang menjual atap spandek seiring dengan tingginya akan permintaan dari konsumen. Anda hanya tinggal menentukan jenis yang diinginkan saja.

Keuntungan Menggunakan Spandek Untuk Atap Rumah

Tentunya ada banyak alasan rata-rata masyarakat saat ini mengaplikasikan spandek untuk atap rumah mereka, karena memang keuntungan yang ditawarkan juga banyak, diantaranya adalah:

  1. Mudah diaplikasikan, jenis atap yang satu ini memang punya ukuran yang lebar, sehingga dalam pemasangan atau instalasinya juga mudah bisa langsung digunakan menutup area secara lebih luas, tidak membutuhkan waktu yang lama untuk menutup struktur rangka yang rumit. Bahkan jika daerah Anda termasuk kedalam area yang anginnya kencang pengaplikasian atap yang satu ini juga cenderung lebih aman, karena dapat menurunkan resiko ambruk.
  2. Anti pecah, berbeda halnya dengan atap dari tanah liat, keramik maupun sejenisnya dimana ketika ada hantaman yang cukup kencang maka beresiko tinggi menyebabkannya akan pecah. Maka untuk atap yang satu ini memiliki resiko pecah yang lebih rendah. Apalagi untuk tingkat ketebalan yang dimilikinya juga cukup tinggi antara 0,3 mm hingga 0,5 mm. Jadi lebih kuat dalam menghadapi hantaman.
  3. Tersedia dalam banyak pilihan warna, Anda juga tidak perlu khawatir masalah tampilan hunian atau rumah tersebut, karena nyatanya atap yang satu ini dijual di pasaran dalam banyak pilihan warna berbeda, mulai dari warna-warna gelap sampai dengan yang cerah juga ada. Sehingga bisa lebih bebas untuk pilah-pilih yang sesuai dengan selera.
  4. Tahan lama, Anda tidak perlu melakukan perawatan khusus maupun juga menggonta-ganti atap tersebut. Dimana pada dasarnya atap spandek ini memiliki daya tahan yang tinggi, ia dapat digunakan hingga 20 tahun bahkan lebih, hal ini dikarenakan komposisi material didalamnya yang memang bisa dipakai untuk jangka waktu lama.
Baca Juga  Kegunaan Besi di Berbagai Aspek Kehidupan Manusia

Baca juga: Kelebihan Teralis Menggunakan Besi Siku Pada Jendela Rumah Minimalis

Jenis-Jenis Spandek Untuk Atap Rumah

Berbicara mengenai spandek untuk atap rumah ini, menurut sepengetahuan tim Baja Utama Steel ada 6 jenis spandek yang dapat dijadikan atap. Jadi agar tidak sampai salah dalam membeli maka kenali terlebih dahulu jenis-jenisnya berikut, yaitu:

  1. Atap spandek zincalume, material zincalume ini memang cukup umum dijadikan sebagai bahan untuk pembuatan kanopi, selain itu ia juga dipakai dalam pembuatan atap. Ciri khasnya sendiri adalah memiliki dua pola, dimana ada gelombang kecil serta gelombang besar. Material ini juga punya ketahanan yang baik terhadap resiko korosi.
  2. Atap spandek pasir, ada juga jenis lain yaitu atap spandek pasir, dimana jenis yang satu ini cukup umum dipakai pada rumah minimalis saat ini, ia cocok dipadukan dengan struktur yang terbuat dari baja ringan. Selain bobotnya yang memang ringan, maka ia memiliki kemampuan yang bagus dalam meredam suara, sehingga jatuhnya tidak akan berisik pada saat hujan.
  3. Atap spandek transparan, jika Anda ingin membuat area rumah yang membutuhkan masuknya cahaya matahari di dalamnya, misalnya adalah untuk tempat jemuran atau mungkin juga area taman indoor, maka akan cocok menggunakan jenis atap spandek yang satu ini, karena punya kemampuan untuk ditembus cahaya matahari, harganya juga cenderung murah serta ringan dipasang.
  4. Atap spandek laminasi, jenis yang satu ini terbuat dari aluminium serta dilapisi lagi menggunakan foil. Bahkan dibandingkan dengan jenis yang lainnya, ia memiliki kekuatan lebih tinggi terhadap resiko benturan.
  5. Atap spandek lengkung atap spandek lengkung ini memang punya bentuk melengkung sesuai dengan namanya, ia dapat diaplikasikan ada bangunan yang melengkung, bentuk lengkungan tersebut nantinya dapat disesuaikan dengan bentuk rumah Anda.
  6. Atap spandek kiplok, agak berbeda dengan jenis atap spandek yang lainnya, dimana jenis yang satu ini memang dilengkapi teknologi terbaru, yaitu memungkinkan untuk bisa dikunci atau diikat di bagian atapnya, sehingga memungkinkan kemudahan dalam pemasangannya serta akan menurunkan resiko terjadinya kebocoran.
Baca Juga  Mengenal Perbedaan Besi INP dan Besi WF

Baca juga: Atap Bondek: Awet Dan Terjangkau, Ini dia 5 Keunggulannya

Tips Memilih Spandek Untuk Atap Rumah Yang Bagus

Setelah melihat ragam jenis dari spandek untuk atap rumah yang cukup banyak, maka penting bagi Anda untuk mengetahui bagaimana cara memilih yang benar-benar bagus, sehingga tidak menyesal, yaitu:

  1. Utamakan spandek dengan ketebalan yang tinggi, jika Anda menginginkan atap yang kuat, maka penting sekali untuk membeli produk atap yang pastinya tebal, misalnya pilih yang ketebalannya maksimal yaitu 0,5mm, ini adalah tingkat ketebalan yang paling tinggi, pastinya lebih awet digunakan.
  2. Beli produk yang sudah memenuhi standar SNI, selanjutnya yang tidak kalah penting untuk menjamin kualitasnya, maka Anda juga disarankan untuk selalu membeli material yang paling tidak sudah lulus uji SNI, biasanya material yang sudah lulus uji standar ini punya cap khusus. Sehingga sudah memenuhi parameter layar dipakai.
  3. Jangan mudah tergiur dengan harga murah, pertimbangan harga nyatanya juga menjadi bagian yang tidak kalah penting. Dimana memang kebanyakan konsumen mudah tergiur dengan adanya tawaran harga murah. Padahal Anda sendiri pastinya sudah tahu bukan bahwa harga ini sebanding dengan kualitas yang diberikan, sehingga jangan mudah tergiur dulu jika ada yang menawarkan harga murah, periksa bagaimana kualitasnya.
  4. Pilih warna sesuai selera, jangan lupa juga untuk mempertimbangkan warna yang dipilih, apalagi sebenarnya jenis atap spandek ini memang punya banyak pilihan warna, sesuaikan dengan selera Anda saja, entah itu warna-warna terang atau gelap.

Dengan berbagai keunggulan yang ditawarkan mungkin Anda sendiri juga tertarik menggunakan spandek untuk atap rumah. Dapatkan produk terbaiknya hanya di Baja Utama Steel, dimana pilihannya paling lengkap dibandingkan yang lain, ditambah dengan kualitasnya yang sudah teruji. Bahkan selain atap spandek Anda juga bisa menemukan lebih banyak pilihan jenis material lainnya disini, dapat dipesan secara online.

Similar Posts