konstruksi baja wf

Konstruksi Baja WF: 4 Cara Pemasangannya Yang Tepat

Baja Utama Steel – Baja menjadi salah satu komponen konstruksi bangunan yang cukup penting, keberadaanya pun cukup banyak diminati oleh para kontraktor dan mudah untuk ditemui di distributor besi baja. Baja sendiri adalah salah satu jenis logam yang memiliki perpaduan antara besi (Fe) yang berperan sebagai unsur dasar dan karbon (C) yang merupakan unsur paduan utamanya. Baja sendiri memiliki berbagai macam jenis dan bentuk salah satunya adalah jenis wf yang banyak digunakan pada konstruksi baja wf

Baja WF dinilai dapat membuat konstruksi sebuah bangunan menjadi lebih efisien dalam hal menahan beban dan gaya tarik. Konstruksi baja wf banyak dipilih karena keunggulannya dalam hal kekuatan serta memiliki daya tarik yang tinggi. Hal tersebut menjadikan baja yang satu ini sebagai elemen yang sempurna dalam menahan gaya tarik dan tekan aksial.

Dengan bobot yang cukup ringan dan memiliki struktur kepadatan yang cukup tinggi, membuat material yang satu  ini cocok untuk dijadikan sebagai pondasi konstruksi bangunan yang lebih efisien.

Mengenal Material Konstruksi Baja Wf

Baja WF atau wide flange merupakan lempengan baja yang banyak dijual oleh distributor besi baja yang memiliki kekuatan tinggi dan sangat cocok digunakan untuk menahan beban serta tarik. Jika dilihat secara sekilas, jenis material konstruksi yang satu ini memiliki bentuk yang mirip dengan baja H-beam. Meskipun terlihat serupa,kedua material tersebut memiliki perbedaan terutama dalam tingkat kekuatan dan tariknya. 

Jika dilihat berdasarkan bentuk, terdapat bagian sayap yang lebih lebar pada baja WF  dibanding dengan yang dimiliki oleh H-beam. Rasio untuk bagian sayap pada baja profil H sendiri adalah 1:1, sedangkan untuk rasio yang dimiliki oleh bagian sayap pada besi WF adalah 2:1. Sedangkan berdasarkan proses pembuatannya, H-beam dibuat dengan menggunakan teknik pengelasan serta filter, sedangkan untuk baja WF merupakan hasil dari canai panas.

Baca Juga  Jenis Baja Ringan dan Keunggulannya dalam Proses Pembangunan Rumah

Struktur baja yang dijual oleh distributor besi baja satu ini adalah struktur yang dirancang dengan ketahanan tekan serta tarik yang sangat tinggi terhadap beban serta gaya yang bekerja pada sebuah konstruksi bangunan, termasuk beban vertikal, horizontal, perbedaan suhu hingga  getaran.

Dengan begitu, selain mudah ditemukan di distributor besi baja, baja WF Memiliki karakter struktural yang sangat baik, sehingga membuatnya semakin terkenal dan banyak digunakan sebagai konstruksi baja wf. 

Sifat Struktural Konstruksi Baja WF

Dalam sebuah konstruksi bangunan baja, selalu ada komponen yang berfungsi dalam menahan gaya gravitasi sekaligus gaya lateral. Oleh karena itu, Konstruksi baja WF menjadi elemen konstruksi yang kemampuan sempurna dalam hal menahan jenis beban tarik aksial, tekan aksial, dan lentur.

Baja WF merupakan material yang banyak dijual di distributor besi baja yang memiliki kepadatan tinggi yang sebanding dengan rasio berat kekuatan komponen yang tinggi pula. Hal tersebut membuatnya tidak terlalu berat untuk sebuah kapasitas muat beban, selama bentuk struktur serta bahan yang digunakan efisien.

Sistem Konstruksi Baja WF

Pada konstruksi bangunan dan gedung, baja WF banyak dimanfaatkan sebagai jembatan komposit, tiang kolom, balok, kantilever kanopi hingga rangka atap. Sementara dalam pondasi baja yang satu ini digunakan sebagai tiang pancang, tiang pondasi komposit, pondasi tapak, dan sistem lain berdasarkan kebutuhan.

Sistem konstruksi baja WF yang digunakan pada konstruksi bangunan, menawarkan berbagai kelebihan jika  dibanding dengan struktur bangunan beton. Hal ini dikarenakan baja jenis ini memiliki beragam jenis tampilan estetika yang lebih terlihat modern, Selain itu, baja WF memiliki dimensi lebih kecil dibanding sistem konstruksi beton, tidak membutuhkan perancah dalam proses pengerjaan, kecuali untuk proses pekerjaan beton minor tambahan dan proses pengerjaannya tidak membutuhkan banyak waktu.

Baca Juga  Ketahui 7 Kelebihan Baja WF Yang Kokoh Dan Awet

Cara Pemasangan Konstruksi Baja WF 

Setelah mengetahui lebih jauh mengenai konstruksi baja wf dan sebelum memutuskan untuk membelinya di distributor besi baja, cara pemasangan material ini juga menjadi salah satu hal yang penting untuk dipahami agar baja WF dapat terpasang dengan tepat dan sempurna. Berikut beberapa cara yang perlu diperhatikan saat pemasangan baja WF pada konstruksi bangunan.

  1. Selain pastikan untuk membelinya melalui distributor besi baja terpercaya, hal pertama yang perlu diperhatikan adalah proses pemotongan baja WF dimana Anda harus memotong kedua bagian sisi baja WF yang nantinya akan disambung. Potongan tersebut haruslah lurus. Kemudian Anda dapat memotong secara miring pada bagian bibir punggung baja WF sekaligus juga pada bagian bibir tengahnya. Kemiringan potongannya sekitar  45 derajat.
  2. Gunakan gerinda hingga baja bersih dari kotoran serta bekas potongan dan jangan lupa untuk di siku agar proses penyambungan antar baja dapat dilakukan dengan mudah. Setelah dirasa bersih dan potongan sudah memiliki siku 90 derajat, Anda dapat melakukan proses penyambungan baja. Caranya dengan mendekatkan kedua sisi baja hingga rapat dan pastikan terdapat celah bekas dari potongan miring yang sebelumnya yang akan digunakan untuk tempat lasan.

Apabila posisi baja sudah rapat, pastikan kedua belah baja dalam posisi yang lurus. Setelah itu dapat dilakukan proses las pada bagian tengah atas baja WF. Setelahnya lakukan pengelasan pada bagian tengah bawah WF. Posisi pengelasan perlu diperhatikan dengan detail agar tidak terjadi kesalahan saat menyelesaikan sambungan.

Apabila dirasa sudah lurus, Anda dapat melakukan pengelasan pada tiap- tiap bibir konstruksi baja WF, bagian atas serta bawah. Setelah selesai, kuatkan semua las agar tidak  patah saat diangkat atau dipindahkan.

  1. Pada saat proses pengelasan konstruksi baja wf, Anda dapat mengelas pada bagian punggung baja WF. Ada baiknya untuk melakukan pengelasan berulang kali. Selanjutnya pastikan saat setiap tahapan proses pengelasan tidak terdapat bekas kotoran las.
  2. Setelah proses pengelasan selesai, langkah selanjutnya adalah memotong plate type 1 dan tipe 2. Dimana masing- masing plate dipotong menjadi 2 lembar untuk bagian atas bawah dan kanan kiri. Jangan lupa untuk digerinda agar tidak terdapat kotoran yang berasal dari bekas potongan. 
Baca Juga  Apa Benar Baja Adalah Material Konstruksi Paling Kuat?

Apabila telah digerinda hingga rata semua lasan yang timbul di sambungan baja WF tadi, langkah selanjutnya adalah menempelkan plat pada tempatnya masing- masing dengan cara pengelasan. Anda dapat melakukan pengelasan sedikit pada bagian yang terdapat di setiap ujung plate dan bagian tengah yang kemudian akan dilas sepenuhnya.

Nah itu dia penjelasan seputar konstruksi baja WF yang dapat Anda jadikan pertimbangan sebelum memutuskan untuk membelinya di distributor besi baja dan menggunakan bahan-bahan terbaik untuk bangunan Anda. 

Sedang mencari Baja WF yang berkualitas? anda dapat membelinya melalui Baja Utama Steel sebagai distributor besi baja terlengkap yang menawarkan berbagai macam jenis besi dan baja dengan harga yang terjangkau. Kunjungi website kami untuk mengetahui update informasi seputar dunia konstruksi. 

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *