Konstruksi Atap Baja Ringan

Konstruksi Atap Baja Ringan untuk Kebutuhan Bangunan

Baja Utama Steel – Atap menjadi salah satu komponen penting dalam rumah atau bangunan. Pasalnya tanpa atap yang kokoh dan kuat akan menimbulkan berbagai masalah baru. Menggunakan konstruksi atap baja ringan akan memberikan kualitas terbaik untuk rumah atau bangunan.

Semua orang pasti memilih material terbaik untuk sebuah bangunan. Baja ringan menjadi solusi bagi mereka yang menginginkan atap dengan model dan kualitas unggul. Bahkan baja ringan adalah terobosan baru untuk memenuhi perlengkapan pembangunan rumah modern.

Berbagai kelebihan akan didapatkan ketika menggunakan baja ringan. Selain pemasangan yang mudah biaya untuk memperoleh baja ringan cukup terjangkau. Semua orang bisa mendapatkannya dengan mudah untuk menciptakan detail bangunan yang super menarik.


Mengenal Konstruksi Atap Baja Ringan


Kebanyakan orang membuat rumah menggunakan atap kayu. Namun, karena ketersediaan kayu di Indonesia juga semakin menurun maka ada alternatif lain yang bisa menjadi solusi. Sebagai pengganti kayu maka baja ringan semakin tren baru-baru ini.

Jika Anda memperhatikan dengan detail maka membutuhkan teknik pemasangan khusus untuk atap baja ringan. Berbeda dengan pemasangan atap dari kayu yang lebih sederhana. Namun, harga kayu kini semakin mahal karena keberadaannya yang berkurang.

Atap bangunan menggunakan baja ringan juga terlihat lebih rapi. Walaupun sifatnya ringan tetapi kuat terhadap tegangan listrik yang tinggi. Ini akan memberikan sifat rangka atap baja ringan yang lentur.

Baca Juga  Mengenal Baja Hollow Hitam Yang Estetik Dan 4 Kelebihannya

Konstruksi atap baja ringan menjadi pilihan tersendiri karena tidak getas atau cepat hancur. Artinya atap rumah tidak akan termakan oleh usia bangunan.


Jenis Baja Ringan Untuk Atap


Membangun sebuah atap tentu memiliki berbagai pertimbangan. Karena pemilihan jenis baja ringan akan berpengaruh terhadap kualitas dari banguna tersebut. Karena baja ringan terbuat dari baja, zinc, dan aluminium maka ada yang memiliki rangka tipis.

Penting bagi Anda untuk menyesuaikan jenis baja ringan tersebut. Hal ini bertujuan untuk memudahkan semua proses pemasangan dan daya tahan baja ringan. Dengan demikian mampu membuat struktur dan pondasi yang kuat.

Berikut adalah jenis baja ringan untuk membuat atap.


Baja Ringan Kaso


Konstruksi atap baja ringan kerap menggunakan jenis baja kaso. Hal ini cocok digunakan untuk bagian kaki utama dalam konstruksi tiang. Bahkan dikenal dengan sebutan trus.

Bentuk dari baja ringan tersebut ada yang W dan C. Tentunya ukuran dari baja ringan berbentuk W akan lebih besar. Bahkan penggunaan baja ringan kaso bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan yang efektif.

Hebatnya baja ringan tersebut sangat tahan lama dan tidak mudah rusak. Walaupun menggunakannya selama puluhan tahun tidak akan termakan oleh usia.


Baja Ringan Reng


Saat membuat konstruksi atap baja ringan maka Anda membutuhkan yang namanya reng. Baja ringan ini dikenal dengan profil B untuk penahan genteng. Perlu Anda ketahui pada umumnya penahan genteng (reng) terbuat dari bambu atau kayu.

Seiring dengan berkembangnya zaman maka reng tersebut bisa menggunakan baja ringan. Bahkan untuk memasang reng ke konstruksi tidak membutuhkan banyak waktu.. Semua prosesnya sangat cepat dan efisien.


Baja Ringan Taso


Kemudian ada baja ringan yang memiliki bentuk seperti huruf A. Tentu sudah bisa ditebak bahwa baja ringan ni mengikat profil B. Agar baja ringan semakin kuat maka Anda membutuhkan ukuran yang tipis.

Baca Juga  Atap Bondek: Awet Dan Terjangkau, Ini dia 5 Keunggulannya

Dengan begitu bangunan akan lebih terkesan modern. Baja ringan taso juga berguna untuk mengikat bagian kuda-kuda. Sehingga bangunan semakin menarik dan simpel.


Kelebihan Menggunakan Atap Baja Ringan


Menggunakan konstruksi atap baja ringan pastinya sudah mempertimbangkan berbagai hal. Dalam dunia properti baja ringan menjadi pilihan terbaik. Bahkan sifat dasarnya yang ringan bisa mengungguli kayu.

Namun, masih banyak kelebihan lainnya dari atap baja ringan. Dengan begitu perhatikan penjelasan lengkap dibawah ini.


Tahan Lama


Karena tidak mudah termakan usia maka baja ringan sangatlah kuat. Perlu diketahui bahwa baja ringan memiliki sifat tahan terhadap korosi. Bahkan mampu beradaptasi dengan cuaca yang sangat ekstrim sekalipun.

Inilah yang menjadikan bangunan semakin terlindungi dengan maksimal. Seiring dengan perkembangan teknologi maka kualitas dari baja ringan sudah mengalami banyak perubahan. Dengan demikian lebih tahan lama.


Lebih Murah dari pada Material Kayu


Tentunya bagian terpenting dalam baja ringan adalah lebih murah daripada kayu. Kini harga kayu sering mengalami fluktuasi yang tajam. Baja ringan tidak sangat mudah dicari dengan berbagai kualitas yang diberikan.

Dengan hal ini harga baja ringan tidak mengalami fluktuasi. Selain itu keberadaan kayu yang semakin langka juga menjadikan harga kayu semakin tinggi. Keberadaan baja ringan yang bisa dibuat dengan proses cepat maka memungkinkan harganya tidak begitu mahal.


Konsistensi Bentuk yang Tinggi


Karena baja ringan merupakan buatan pabrik maka konsistensi bentuk serta mutu dan kualitasnya juga menarik. Hal ini bisa membantu untuk menciptakan presisi bangunan yang selalu konstan. Struktur dari banguan tersebut tidak akan berubah.


Proses Pemasangan Rangka Lebih Cepat


Pada dasarnya konstruksi atap baja ringan memiliki proses pemasangan yang cukup cepat. Dalam hal ini Anda tidak perlu khawatir bangunan selesai dalam waktu yang lama. Pasalnya proses pemasangan ini menggunakan peralatan yang canggih dan memudahkan proses pemasangan.

Baca Juga  Mengenal Bahan Spandek Dan Cara Penggunaannya


Tips Memilih Baja Ringan untuk Atap Bangunan


Memilih baja ringan harus dipertimbangkan dengan baik. Pasalnya atap bangunan berfungsi untuk melindungi dari cuaca panas maupun hujan. Dengan begitu konstruksi bangunan akan menjadi lebih kuat.

Berikut adalah cara memilih baja ringan untuk atap bangunan agar kokoh.


Menyesuaikan dengan Model Atap


Tips pertama yang harus Anda lakukan adalah menyesuaikan model atap. Hal ini jangan asal pilih karena berpengaruh pada kualitas bangunan. Sebab baja ringan memiliki banyak jenis yang berbeda.

Masing-masing dari baja ringan tersebut memiliki fungsi yang berbeda. Anda bisa memilih berdasarkan kekuatan dan kebutuhan bentuk atap. Sehingga bisa sesuai dengan konsep yang Anda inginkan.


Memilih Baja Ringan Sesuai dengan Penutup Atap


Dalam mempertimbangkan model atap maka Anda harus memilih baja ringan yang kuat. Penutup atap menjadi salah satu alasan Anda memilih jenis baja ringan. Ada yang menginginkan penutup atap menggunakan logam, asbes, keramik, kaca, beton, dan lain sebagainya.

Jika penutup atap menggunakan bahan yang berat maka Anda harus memilih jenis baja berkekuatan paling bagus. Dengan begitu Anda bisa mendapatkan atap yang sesuai keinginan. Konstruksi atap baja ringan semakin lebih unggul.


Memastikan Kualitasnya


Dalam hal ini penting bagi Anda untuk memperhatikan kualitas dari baja ringan. Pasalnya membeli baja ringan dari sembarang toko akan menimbulkan banyak masalah. Pastikan bahwa Anda sudah benar-benar memilih baja ringan pabrikan dengan merk yang unggul.


Bangun Konstruksi Atap Baja Ringan dengan Bahan Terbaik!


Segera dapatkan konstruksi atap baja ringan dari toko yang terpercaya. Cukup dengan  menghubungi Baja Utama Steel Anda bisa mendapatkan baja ringan dengan harga terjangkau dan kualitasnya unggul. Dengan begitu Anda bisa membangun rumah dengan kualitas dan konsep yang menarik.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *